Sen. Jul 26th, 2021

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Selain baik untuk diet inilah manfaat buah semangka untuk kesehatan

3 min read
manfaat buah semangka

manfaat buah semangka

Sharing is Caring

Semangka (Citrullus lanatus) adalah buah yang tumbuh di Afrika Selatan dan sekarang dapat ditemukan di mana-mana di dunia. Buah berkulit hijau memiliki bagian dalam berwarna merah atau merah jambu dengan tandan biji. Keunggulan yang didapat dari buah semangka sebagian besar berasal dari kombinasi suplemen, nutrisi, mineral dan berbagai campuran di dalamnya. Banyaknya biji dalam semangka bukanlah halangan bagi penggemar mengingat banyaknya keuntungan yang ditawarkan dari buah berbentuk bulat ini. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah semangka yang sayang untuk dilewatkan.

1. Menjaga kesehatan jantung

Salah satu keuntungan yang ditawarkan semangka adalah menjaga kesehatan jantung. Ini telah dibuktikan dari penelitian yang didistribusikan dalam The American Diary of Hypertension. Spesialis dalam penelitian ini berpendapat bahwa ekstrak semangka berperan dalam menurunkan denyut nadi pada pasien obesitas dan juga hipertensi. Hal itu ternyata dapat membantu merangsang aliran darah & mengurangi tekanan pada sistem kardiovaskular. Kalium adalah suplemen vasodilator yang melonggarkan pembuluh darah dan koridor. Ini akhirnya membantu menyegarkan aliran darah dan mengurangi beban pada sistem kardiovaskular. Sementara itu, karotenoid yang terkandung dalam buah, termasuk semangka, juga dapat mencegah pemadatan pembagi jalur suplai dan urat. Kondisi ini juga membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit, seperti, gumpalan darah, kegagalan koroner, dan aterosklerosis.

Baca juga  Banyak yang Takut Diabetes, Rajin Makan ini Bisa Bikin Diabetes Menjauh!

2. Mengatasi masalah cairan tubuh

Tahukah Anda bahwa semangka mengandung 92% air dan elektrolit yang berguna untuk menghidrasi tubuh? Kedua campuran ini sangat penting untuk mencegah Anda mengering dan berhasil menurunkan tingkat panas dan denyut nadi internal. Air semangka juga berhasil menyejukan tubuh saat musim kemarau. Itulah alasannya, tidaklah mengherankan jika orang-orang di wilayah tropis secara teratur makan semangka. Ini karena jumlah air yang sangat banyak dalam semangka dapat menyegarkan keluarnya cairan yang melimpah sebagai keringat. Pada saat itu, tingkat panas internal Anda akan turun setelah makan semangka di cuaca hangat.

3. Mencegah susunan batu ginjal

Kandungan kalium yang tinggi dalam semangka benar-benar dapat membantu mengeluarkan simpanan beracun di ginjal. Memang, kalium juga dikenal bisa mengurangi asam urat dalam darah. Dengan begitu, bahaya pembingkaian batu ginjal pun berkurang. Anda juga bisa buang air kecil lebih sering setelah memakan semangka. Kabar menggembirakan, ini bisa membantu membebaskan ginjal dari racun-racun yang tak perlu dihiraukan oleh tubuh. Sementara itu, senyawa pencegah kanker dalam semangka juga memberikan manfaat bagi kesehatan ginjal. Namun, Anda harus berhati-hati karena asupan kalium yang banyak bisa berbahaya, terutama bagi penderita penyakit ginjal.

Baca juga  Menghilangkan Uban Tanpa Semir Hanya dengan Bahan Murah Ini, Begini Caranya!

4. Meningkatkan kesehatan rambut dan kulit

Ini adalah fakta yang jelas bahwa nutrisi A dan C yang dapat Anda temukan dalam semangka bermanfaat bagi kulit dan rambut Anda. Nutrisi C adalah nutrisi yang berperan penting dalam memperbaiki jaringan ikat dan memperluas pembentukan kolagen. Sementara itu, nutrisi A dapat membantu memperbaiki sel-sel kulit dan menjaganya tetap awet muda dan anggun. Hal inilah yang membuat semangka begitu terkenal karena bisa menghiasi penampilan sekaligus pelepas dahaga di tengah hangatnya musim kemarau.

5. Membantu kontrol dengan gula darah

Prinsip yang harus dipatuhi oleh penderita diabetes adalah pola makan yang cermat, rendah gula dan kaya akan pati. Hal ini karena mereka sering merasa lapar, namun tidak bisa makan dengan bebas, sehingga keinginan mereka pun berkurang. Karenanya, semangka hadir sebagai camilan ringan bagi penderita diabetes. Tak hanya itu, kandungan kalium dan magnesium di dalamnya juga meningkatkan kerja insulin dalam tubuh. Ini juga menambah penurunan kadar glukosa. Semua hal dianggap sama, penderita diabetes seharusnya mendapat keuntungan dengan semangka dalam jumlah terbatas. Ini karena rasa manis semangka benar-benar bisa meledak melawan penurunan glukosa.

Baca juga  Lapar? Tahan Dulu, ini Waktu Tepat untuk Makan Nasi

6. Mengalahkan nyeri otot

nyeri otot setelah latihan benar-benar menjengkelkan. Alih-alih merasa hebat, Anda hanya perlu istirahat agar tidak terbebani oleh penderitaan. Pemeriksaan dalam Diary of Horticultural and Food Science menunjukkan bahwa minum jus semangka membantu menenangkan otot setelah berolahraga. Peserta yang membakar lebih dari 473 ml jus produk alami ini dalam 1 jam sebelum latihan secara umum akan tahan terhadap siksaan otot.

Selain itu, khasiat semangka ini juga menunjukkan denyut nadi yang lebih teratur. Ini mungkin karena citrulline yang ditemukan di semangka. Citrulline adalah asam amino yang juga dijual sebagai bahan tambahan untuk mengobati nyeri otot. Meskipun demikian, penelitian menunjukkan bahwa retensi campuran ini akan lebih layak jika dibakar sebagai jus daripada produk organik baru.

(Visited 14 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.