Sen. Agu 2nd, 2021

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Mengenal komodo hewan purba asli indonesia

3 min read
Mengenal komodo hewan purba asli indonesia

Mengenal komodo hewan purba asli indonesia

Sharing is Caring
Mengenal komodo hewan purba asli indonesia

Komodo adalah salah satu reptil purba yang diamankan dan hanya ada di Pulau Komodo, Indonesia. Hewan mitos Komodo atau yang biasa dikenal dengan nama Biawak Komodo (Varanus komodoensis) adalah spesies reptil terbesar di planet ini. Reptil goliat ini hidup di pulau Komodo, Rinca, Gili Motang,  Flores, dan Gili Dasami, Nusa Tenggara. Oleh masyarakat setempat, makhluk ini disebut ora.

Makanan Komodo adalah kambing, rusa, banteng, babi, dan berbagai jenis hewan lainnya. Komodo biasanya mengejar mangsanya di tanah dan kemudian mengunyah kaki mangsanya. Biasanya komodo mengejar mangsanya dengan cara membunuh dan memakannya,  Komodo hanya melakukan 1 kali gigitan dan memberikan racun, maka mangsanya selama beberapa detik, berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu akan mati dengan sendirinya. Kemudian memakannya, seluruh bagian tubuhnya akan dimakan oleh Komodo, bahkan sampai tanduk dan tulang mangsanya habis tak tersisa. Pada titik tersebut penumpukan, misalnya tulang rambut dan bagian lain yang tidak dapat diproses akan dikeluarkan.

Baca juga  7 Benda Paling Aneh yang Pernah Disita di Bandara

Sejarah penemuan binatang Komodo

Komodo pertama kali diketahui oleh seseorang yang berasal dari daratan Eropa, khususnya pada tahun 1910. Pada tahun 1912 ketika Pieter Antonie Ouwens membagikan makalah tentang binatang Komodo setelah menerima foto dan kulit reptil ini serta nama Komodo pun menjadi semakin jauh dan meluas. Makhluk ini juga menginspirasi film king Kong pada tahun 1933.

Setelah makalah Pieter dibagikan, ia mendesak untuk ‘mengusahakan’ ke Pulau Komodo. Upaya ini didorong oleh W Douglas Weight tepatnya pada tahun 1926. W Douglas Weight adalah orang pertama yang menentukan hewan mitos Komodo untuk makhluk lokal Indonesia ini.

ciri-ciri komodo

1. Komodo dewasa dapat memiliki berat hingga 70 kilogram jika mereka hidup di alam.

2.  Komodo dewasa yang hidup didalam pernangkaran dapat berkembang hingga mencapai 3,13 meter dan berat 166 kilogram.

3. Komodo berbadan besar dan biasa disebut sebagai reptil terbesar di dunia, namun bukan yang terpanjang. Reptil terpanjang dimiliki oleh Reptil Layar Papua (Varanus Salvadorii).

Baca juga  7 Foto Benda Saat Dibelah Jadi Dua, Nomor 5 Jarang yang Pernah Lihat

4. Ciri yang luar biasa dari Komodo berikut ini adalah dari awal tidak tampak gigi-giginya, padahal sebenarnya binatang Komodo memiliki gigi bergerigi yang tajam sepanjang 2,5 cm dan dapat mencapai 60 buah.

5. Memiliki ludah yang berbahaya (beracun) karena, seandainya bercampur dengan darah hewan hidup yang terkontaminasi maka akan mengakibatkan darah membeku dan berbagai dampak lainnya, hal ini membuat mangsanya yang terkena serangan akan tercemar yang membuatnya tidak berdaya dan kemudian mati.

6. Komodo memiliki lidah kuning yang panjang dan di ujungnya bercabang.

7.  Komodo jantan memiliki kualitas tubuh yang lebih besar dari Komodo betina. Warna kulit komodo jantan biasanya abu-abu redup atau merah bata

9. Hewan Komodo betina memiliki ciri-ciri tubuh yang lebih sederhana dan memiliki warna kulit hijau zaitun dan memiliki potongan kecil berwarna kuning di tenggorokan.

10. Hewan mitos Komodo dengan warna kulit lebih terang, yaitu kuning, hijau dan putih spesifik pada lapisan dasar gelap.

Baca juga  7 Makhluk Kuno Menyeramkan yang sudah Punah

Tempat Tinggal Komodo

Diketahui bahwa hewan Komodo cenderung ke arah titik panas dan kering dan biasanya hidup di padang rumput kering, sabana, pagar tanaman dan hutan tropis di rawa-rawa dengan suhu sekitar 35 C atau 95 Fahrenheit. Komodo mengguncang lubang 1 – 3 meter (3 – 10 kaki) menggunakan kaki depan dan cakar yang luar biasa. Kecenderungan tertidur pada lubang sekitar malam hari diharapkan dapat menjaga tingkat panas internal terik sehingga dapat mengurangi waktu berjemur keesokan harinya.

Perilaku Makan Komodo

Komodo merupakan salah satu hewan karnivora (pemakan daging). Meskipun hewan mitos Komodo akhirnya memakan daging bangkai, menunjukkan bahwa mereka juga mengejar mangsanya dengan menetap kemudian menyerang secara tak terduga. Saat mangsa berada dalam bayangan, ia akan menyerang tenggorokan atau bagian bawah tubuh korban.

Komodo dapat menemukan mangsa hidup dengan memanfaatkan penciuman tajam hingga 9,5 kilometer. Makhluk yang disebut reptil sebagai hewan purba makan dengan merobek potongan-potongan besar daging dan kemudian terus terang.

Air liur kemerahan keluar banyak saat dia makan daging, ini pasti akan membantu binatang Komodo untuk mendapatkan daging yang besar. Untuk daging seukuran kambing biasanya ditelan satu kali dan membutuhkan waktu 15-20 menit sesuai jadwal. Hewan Komodo juga menancapkan daging mangsanya ke pohon, dan segera melahapnya.

(Visited 26 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.