Sen. Jul 26th, 2021

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Manfaat labu siam atau manisah untuk kesehatan dan cara pengolahannya

3 min read
manfaat labu siam untuk kesehatan dan cara pengolahannya

manfaat labu siam untuk kesehatan dan cara pengolahannya

Sharing is Caring
manfaat labu siam untuk kesehatan dan cara pengolahannya

Labu siam memiliki rasa yang enak dan permukaan yang halus. Memang, labu siam pun juga memiliki segudang manfaat medis yang sayang untuk dilewatkan. Sayuran ini bermanfaat untuk dikonsumsi oleh anak-anak dan orang tua. Labu siam juga cocok untuk Anda yang ingin menerapkan program diet agar lebih langsing. Sayuran ini memiliki kandungan lemak dan kalori yang sangat rendah. Lemak dalam labu siam juga termasuk lemak alami dan tidak mengandung kolesterol sama sekali.  Terlebih lagi labu siam memiliki kandungan yang berbeda-beda, misalnya zat korosif folat, zat gizi B6, zat gizi (C, K, dan E), natrium, kalium, zat besi, dan magnesium yang berguna untuk kekuatan tubuh.

Lalu, apa keuntungannya? Berikut ini beberapa manfaat labu siam untuk kesehatan dan kebugaran

Baca juga  Banyak yang Takut Diabetes, Rajin Makan ini Bisa Bikin Diabetes Menjauh!

1. Menurunkan berat badan / mencegah obesitas

Seperti yang dijelaskan, labu siam mengandung lemak dan kalori yang sangat rendah. Sayuran ini juga akan membuat Anda lebih kenyang. Anda bisa makan labu siam tanpa kombinasi minyak. Sayuran juga mengandung serat yang cukup tinggi, sehingga dapat meningkatkan proses pengolahan dan makanan tidak menumpuk di dalam tubuh.

2. Mengobati Batu Ginjal

Batu ginjal adalah penyakit yang disebabkan oleh penyimpanan keras yang terbentuk dari zat dalam urine / kencing. Infeksi ini disebabkan oleh tubuh yang kekurangan cairan / zat tertentu, dan sering kali menekan sensasi ingin buang air kecil. Batu ginjal akan menyebabkan korbannya merasa tersiksa saat ingin buang air kecil. Namun, agar tidak stres, Anda bisa mengonsumsi labu siam untuk mencegah dan mengobati penyakit ini. Selain makan labu siam, Anda juga bisa mengonsumsi sayur dari daunnya. Daun labu siam juga bisa mengobati masalah batu ginjal.

Baca juga  7 Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan, Cegah Anemia Hingga Penyakit Kanker!

Manfaat ini ditemukan oleh penelitian dari College of North Florida, bahwa daun labu siam bermanfaat untuk mengelola batu ginjal dan juga dapat mengurangi hipertensi.

3. Mencegah Penyakit Jantun / Stroke

Labu siam kaya akan zat gizi yang bermanfaat untuk kesehatan, terutama jantung. Kandungan nutrisi C dalam labu siam berfungsi sebagai penguat sel yang dapat mencegah penyakit jantung dan stroke. Sayuran ini juga bisa menurunkan kolesterol karena tidak mengandung lemak yang tidak enak. Kalori dalam labu siam juga sangat rendah, jadi tidak apa-apa untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

4. Mengobati Diabetes dan Kanker

Labu siam biasanya merupakan menu pilar yang disarankan oleh spesialis untuk pasien penyakit kanker dan diabetes. Labu siam dapat membantu mengobati kedua penyakit tersebut. Nutrisi C dalam labu siam berfungsi sebagai penguat sel yang dapat menghindari zat perusak yang menyebabkan kanker. Senyawa flavonoid dalam labu siam juga siap untuk menghindari penyakit kanker akibat radikal bebas.

Baca juga  Pingin cepat tinggi, cek 5 Rekomendasi Susu Peninggi Badan Kalsium Tinggi Terbaik untuk Anak-anak dan Remaja

5. Bikin awet muda

Selain berkhasiat bagi kesehatan tubuh, labu siam juga bermanfaat untuk kesehatan. Sayuran ini dapat mencegah penuaan dini dan membuat Anda terlihat lebih awet muda. Sebab, zat dalam labu siam dapat melindungi kulit dari paparan terhadap radikal bebas. Senyawa penguat sel dalam sayuran ini juga siap melawan radikal bebas dan ROS (Responsive Oxygen Species) yang merupakan zat dari oksigen reseptif dan berbahaya bagi tubuh, terutama kulit.

(Visited 6 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.