Sen. Agu 2nd, 2021

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Manfaat kunyit atau kunir untuk kesehatan tubuh manusia dan cara pengolahannya

3 min read
Manfaat kunyit atau kunir untuk kesehatan tubuh manusia dan cara pengolahannya

Manfaat kunyit atau kunir untuk kesehatan tubuh manusia dan cara pengolahannya

Sharing is Caring
Manfaat kunyit atau kunir untuk kesehatan tubuh manusia dan cara pengolahannya

Bukan hanya makanan lezat, kunyit / kunir merupakan bumbu yang juga memiliki manfaat kesehatan yang berbeda. Anda mungkin sudah cukup nyaman dengan khasiat kunyit untuk meredakan sakit maag. Manfaat kunyit yang berbeda untuk kesehatan tubuh

Selain membantu mengatasi masalah perut, kunyit juga memiliki khasiat lain yang mungkin tidak Anda bayangkan sebelumnya. Mulai dari mengurangi iritasi hingga obat racun ular, berikut manfaat yang terkandung dalam kunyit:

1. Meringankan peradangan

Kurkumin zat aktif dalam kunyit adalah antioksidan pencegahan kanker yang memiliki efek menenangkan yang kuat. Ada sekitar 200 miligram kurkumin dalam satu sendok teh varian kunyit baru yang dihancurkan halus atau bubuk. Kurkumin dianggap mencoba menghalangi aktivitas sitokin dan katalis yang menyebabkan iritasi dalam tubuh. Kurkumin juga mencoba mengurangi iritasi dengan menurunkan kadar histamin sambil meningkatkan produksi kortison umum di organ adrenal.

Mulai dari titik itu, hasil tes praklinis yang berbeda dari The AAPS Diary melaporkan khasiat kunyit yang menjanjikan untuk berbagai penyakit terkait iritasi. Mulai dari keganasan, infeksi kardiovaskular, gangguan koroner hebat, radang sendi, aterosklerosis, dan diabetes. Bagaimanapun, sejauh ini belum ada penyelidikan besar-besaran tersendiri yang memiliki opsi untuk memeriksa bukti khasiat kunyit yang menenangkan pada manusia.

Baca juga  Inilah 5 Penyebab Mata Merah yang Harus Diperhatikan

2. Mengobati maag

Kunyit telah lama dikenal sebagai obat refluks asam yang khas. Jadi ketika efek samping maag berulang, tidak ada yang salah dengan memfermentasi beberapa teh kunyit hangat untuk mengurangi rasa sakit. Bisul bisa muncul karena adanya luka di perut karena penyakit bakteri H. pylori, penggunaan jangka panjang obat penghilang rasa sakit, racun rokok, minuman keras, dan jenis makanan tertentu. Hal-hal berbeda ini dapat melarutkan selubung dinding usus dan tenggorokan, memicu naiknya refluks korosif lambung.

Memang, penelitian dari buku harian Survei Farmakognosi mengamati dampak kurkumin dalam mengobati iritasi karena luka dan melindungi perut dari gangguan ini dengan memperluas produksi cairan tubuh di pembatas perut Selain itu, sebuah artikel di buku harian Precise Surveys mengatakan kunyit mengurangi pengulangan efek samping gangguan pencernaan. Karena kurkumin dalam kunyit juga berfungsi untuk mengontrol pembentukan asam lambung dan empedu yang berlebihan.

Baca juga  Kandungan daun pandan dan manfaatnya untuk kesehatan tubuh, dapat untuk mengobati ketombe juga

3. mengempiskan perut kembung

Gas yang melemahkan (kembung) adalah tanda bahwa penyerapan Anda baik-baik saja, tetapi apakah itu terlalu ekstrim? Ini merupakan indikasi bahwa ada sesuatu yang tidak beres dengan perut Anda. Curcumin membantu otot-otot organ terkait perut untuk terus bergerak dengan mudah karena seharusnya menurunkan tekanan gas di perut. Kunyit juga membantu perut dengan menghentikan pembentukan zat korosif tidak wajar yang menyebabkan kentut.

4. Meredakan manifestasi IBS (gangguan dalam temperamen buruk

Gangguan isi perut kencing (IBS) adalah gangguan usus besar yang menyebabkan masalah dalam jangka panjang. Jika kejengkelan membuat penekanan usus bugar lagi dan lagi, hasilnya adalah buang air besar yang berkelanjutan. Bergantian, jika iritasi membuat otot usus jarang berkontraksi, akibatnya adalah penyumbatan yang berkelanjutan. Meringkas berbagai penelitian, kunyit seharusnya aman dan mudah dikonsumsi oleh individu yang memiliki IBS.

Baca juga  Resep Simpel Drink Beng -Beng Choco Lava Kukus, Bisa Ditabur Keju Parut Juga Topping Lain

Eksplorasi dari Singapura yang didistribusikan dalam Diary of Clinical Medication tahun 2018 menunjukkan kunyit mengurangi kekuatan sakit perut akibat manifestasi IBS. Ini kemungkinan besar berasal dari penguatan sel dan efek menenangkan kurkumin, yang meningkatkan asimilasi. Penelitian serupa juga menemukan manfaat kunyit untuk menyesuaikan keadaan organisme mikroskopis yang baik di usus. Selain masalah penyakit diare yang disebabkan oleh IBS, kunyit juga bermanfaat untuk mengobati usus yang sakit akibat kontaminasi makanan. Kandungan magnesium dan kalium dalam kunyit membantu melawan kekeringan dan menyeimbangkan cairan tubuh yang habis karena berlari.

5. Mengurangi rasa mual

Jika dicampur dengan bubuk lada hitam, kunyit seharusnya berhasil meredakan penyakit daripada jika dimakan sendiri. Menarik, bukan?

Investigasi dalam buku harian Food pada tahun 2017 menunjukkan bahwa menambahkan lada hitam membantu memperluas keunggulan rasa kuning ini. Sejak benar-benar setelah digunakan, kandungan kurkumin dalam kunyit secara bertahap dipertahankan ke dalam sistem peredaran darah. Hal inilah yang menyebabkan anda kehilangan khasiat dari kunyit itu sendiri. Memang, penelitian ini menunjukkan piperine dalam lada hitam meningkatkan konsumsi kurkumin hingga 2.000 persen lebih cepat ke dalam darah sehingga disiapkan untuk digunakan oleh tubuh. Piperine juga memudahkan penguraian kurkumin oleh hati sehingga terus bertahan lebih lama di dalam darah.

(Visited 10 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.