Kam. Agu 5th, 2021

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Manfaat daun binahong dan cara mengolahnya, mengobati diabetes, hipertensi dan asam urat

3 min read
Manfaat daun binahong dan cara mengolahnya, mengobati diabetes, hipertensi dan asam urat

Manfaat daun binahong dan cara mengolahnya, mengobati diabetes, hipertensi dan asam urat

Sharing is Caring
Manfaat daun binahong dan cara mengolahnya, mengobati diabetes, hipertensi dan asam urat

Keunggulan daun binahong tidak perlu dipertanyakan lagi. Tanaman ini, yang memiliki nama latin Anredera cordifolia, adalah tanaman yang sangat bergizi dan dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit yang sedang berlangsung. Memang, hampir semua bagian tanaman binahong bisa dimanfaatkan dalam perawatan rumahan.

Keunggulan lain Daun Binahong

Daun binahong atau disebut juga daun tanaman madeira memiliki khasiat pereda, pencegah kanker, antibakteri, dan anti penyiksa yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Sifat ini didukung oleh campuran karakteristik yang berbeda di dalamnya, termasuk flavonoid, saponin, dan tanin. Karena bahan dan khasiat ini, manfaat daun binahong untuk kesehatan sangat beragam. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Mempercepat pemulihan luka bakar

Baca juga  Dapat sembukan diabetes inilah manfaat daun sirih untuk kesehatan

Manfaat daun binahong dalam mempercepat penyembuhan luka termasuk mengkonsumsinya diduga berasal dari zat flavonoid, saponin dan tanin. Saponin dapat berperan sebagai pembunuh kuman, sehingga dapat mencegah penyakit bakteri yang dapat menyembuhkan cedera sedang. Selain dari, senyawa ini juga mempercepat pembentukan kolagen. Flavonoid dalam daun binahong juga terbukti efektif mengurangi iritasi pada luka. Kemudian, tanin dapat membantu mengecilkan pori-pori kulit yang terluka, menghentikan keluarnya cairan, / menghentikan pendarahan ringan, sehingga luka lebih cepat menutup.

2. Mencegah diabetes

Rebusan daun binahong sudah lama dimanfaatkan sebagai obat diabetes lokal. Eksplorasi menjunjung tinggi keunggulan daun binahong yang satu ini dengan menunjukkan kemampuannya dalam menurunkan kadar glukosa setelah makan. Campuran dinamis flavonoid, steroid, dan kumarin dalam daun binahong berperan penting dalam khasiat ini. Cara kerjanya adalah dengan menahan pemecahan dan konsumsi gula di saluran pencernaan dan memperluas produksi dan kapasitas insulin kimiawi.

Baca juga  Menghilangkan Uban Tanpa Semir Hanya dengan Bahan Murah Ini, Begini Caranya!

3. Mengobati hipertensi dan mencegah penyakit jantung koroner

Selain menangkal diabetes, kandungan di dalam daun binahong juga dapat menurunkan denyut nadi & meningkatkan produksi kencing. Kedua dampak ini setara dengan obat hipertensi yang menghambat beta dan diuretik. Dengan cara ini, menghilangkan daun binahong dipercaya bermanfaat bagi penderita hipertensi. Selain itu, ekstrak daun binahong juga dikenal mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dan lemak dalam darah. Perpaduan antara efek antihipertensi dan penurunan kolesterol ini bagus untuk mencegah penyakit jantung, seperti kerusakan kardiovaskular atau gagal jantung.

4. Meningkatkan kerja ginjal

Ekstrak daun binahong juga bermanfaat dalam meningkatkan kerja ginjal, terutama pada kondisi gagal ginjal yang terus menerus. Manfaat daun binahong telah dibuktikan dengan beberapa pemeriksaan yang menunjukkan perbaikan sel ginjal pada pasien gagal ginjal setelah mengawasi pencabutan daun binahong.

Baca juga  Kalau Merokok Berbahaya Bagi Kesehatan Mengapa Banyak Perokok Aktif Hidup Sampai Tua?

5. Mengobati asam urat

Khasiat daun binahong berguna sebagai obat asam urat yang telah banyak diteliti. Khasiat ini diduga berasal dari zat flavonoid yang dapat menekan perkembangan asam urat, sehingga mencegah dan mengurangi bahaya serangan asam urat. Sekarang, Anda pasti sudah menyadari apa saja manfaat daun binahong untuk kesehatan tubuh. Terlepas dari kenyataan bahwa dapat diterima untuk memiliki pilihan untuk mengobati infeksi yang berbeda, sebagian besar dari sifat ini sebenarnya memerlukan eksplorasi lebih lanjut. Jadi, jika Anda ingin memanfaatkan daun binahong untuk kesehatan, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter perawatan primer Anda terlebih dahulu. Ini sangat penting jika Anda memiliki penyakit tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu

(Visited 8 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.