Sab. Jul 24th, 2021

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Kurangi resiko terkena kanker usus besar berikut Kandungan dan 5 manfaat gandum bagi kesehatan tubuh

3 min read
manfaat gandum

manfaat gandum

Sharing is Caring

Gandum ialah golongan tanaman serealia yang kaya akan karbohidrat. Gandum biasanya diperlukan untuk membuat tepung terigu, pakan ternak ataupun diawetkan untuk proses pembuatan alkohol. Pada umumnya biji gandum atau Kernel berbentuk oval dengan panjang 6 sampai 8 mm dan diameter 2 sampai 3 mm. Seperti dengan jenis sereal lainnya gandum memiliki tekstur yang keras. Biji gandum terdiri dari tiga bagian yaitu bagian kulit atau brand bagian endosperma dan bagian lembaga atau germ. Di sebagian besar wilayah dunia gandum telah ditetapkan menjadi makanan pokok, pakan ternak dan bahan industri yang mempergunakan karbohidrat sebagai bahan baku. Gandum dapat dikelompokan berdasarkan tekstur biji gandum atau Kernel warna bungkus biji atau brand dan musim tanam. Berdasarkan tekstur Kernel, gandum diklasifikasikan menjadi hard soft dan dirumah. Sementara itu berdasarkan warna bran, gandum diklasifikasikan menjadi Red atau merah dan white atau putih. Untuk musim tanam Bandung dibagi menjadi Winter atau musim dingin dan string atau musim semi. Namun secara umum gandum diklasifikasikan menjadi hard wheat dan soft wheat dan durum wheat.

Baca juga  Teknologi Canggih ini Dapat Membuat Manusia Hidup Abadi

Brang

Brand merupakan kulit luar gandum dan terdapat sebanyak 14,5% dari total keseluruhan gandum. Terdiri dari 5 lapisan yaitu epidermis eppicard endokarp testa dan aleuron. Bran memiliki granulasi lebih besar dibanding polar serta memiliki kandungan protein dan kadar serat tinggi sehingga baik dikonsumsi bagi ternak besar. Epidermis merupakan bagian terluar dari biji gandum, mengandung banyak debu yang apabila terkena air akan menjadi liat dan tidak mudah pecah.

Endosperma

Endosperma merupakan bagian yang terbesar dari biji gandum sekitar 80 sampai 83% yang banyak mengandung protein Pati dan air. Pada proses produksinya, pada bagian inilah yang akan disimpan sebanyak-banyaknya untuk diolah menjadi tepung terigu dengan tingkat kehalusan tertentu. Dan pada bagian ini juga terdapat zat Abu yang kandungannya akan semakin kecil jika mendekati inti dan akan semakin besar jika mendekati kulit.

Baca juga  Perubahan Iklim Picu Penyakit Pada Manusia

Lembaga

Lembaga terdapat pada biji gandum sebesar 2,5 sampai 3%. Lembaga merupakan tinggalan makanan yang menyimpan banyak lemak dan terletak di bagian yang selnya masih hidup bahkan setelah pemanenan di sekitaran bagian yang masih hidup terletak sedikit molekul glukosa mineral protein dan enzim. Pada kondisi yang baik, akan terjadi tunas atau bakal yaitu biji gandum akan tumbuh menjadi tanaman gandum yang baru.

Manfaat gandum bisa didapatkan dari berbagai nutrisi yang terkandung didalamnya. Dalam 100 gram gandum utuh terletak kurang lebih 340 kalori dan juga ada segenap nutrisi penting. Selain itu, gandum utuh merupakan sumber vitamin dan mineral seperti vitamin B, selenium, mangan, fosfor dan tembaga. Gandum utuh juga menyimpan sebuah antioksidan dan senyawa aktif, seperti asam fitat, polifenol, stanol, dan sterol. Dan berkat kandungan yang terdapat dalam kandung, mengkonsumsi gandum secara utuh dan rutin diketahui dapat memberikan beberapa manfaat,seperti:

  1. Mencegah dan mengatasi sembelit.
  2. Mendukung fungsi sistem pencernaan yang sehat dengan membantu menghilangkan bakteri jahat di usus.
  3. Menurunkan resiko penyakit kronis, seperti jantung, stroke, obesitas, dan diabetes.
  4. Mengurangi peradangan kronis.
  5. Mengurangi resiko terkena kanker usus besar.
Baca juga  selain untuk menjaga kesehatan jantung inilah 9 manfaat Buah pir untuk kesehatan tubuh
(Visited 26 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.