Sen. Jul 26th, 2021

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Kandungan daun pandan dan manfaatnya untuk kesehatan tubuh, dapat untuk mengobati ketombe juga

2 min read
manfaat daun pandan

manfaat daun pandan

Sharing is Caring
manfaat daun pandan
manfaat daun pandan

Daun pandan memiliki aroma dan rasa yang tak salah lagi yang bisa membuat makanan dan minuman terasa lebih gurih. Di Indonesia, daun pandan sangat mudah ditemukan di sektor bisnis konvensional maupun saat ini. Sementara itu, tanaman pandan umumnya banyak dikembangkan di pekarangan atau kebun. Mengutip dari Healthline, pandan merupakan tumbuhan tropis yang terkenal di berbagai negara seperti Sri Lanka, Thailand dan Indonesia. Tanaman pandan memiliki daun berwarna hijau panjang seperti ujung lancip. Saat robek, daun pandan mengeluarkan bau harum.

Kandungan pandan

Daun pandan merupakan daun yang luar biasa. Daun pandan mengandung nutrisi dan suplemen yang berguna untuk tubuh. Daun pandan mengandung nutrisi A, zat besi, rendah kalori, dan kaya serat. Mengutip dari laman Tribunnews.com, daun pandan mempunyai sifat antibakteri & antimikroba.

Baca juga  Transplantasi Kepala Manusia Pertama di Dunia Telah Berhasil Dilakukan

Hal inilah yang menjadikan daun pandan dimanfaatkan sebagai tanaman rumahan.

Daun pandan sebagai obat alami

Selain digunakan sebagai bumbu penangkap untuk masakan, daun pandan juga digunakan sebagai obat rumahan.

Berikut manfaat daun pandan sebagai obat alami.

1. Mengobati nyeri sendi

Penderitaan sendi adalah normal di antara orang-orang di negara itu. Daun pandan berkhasiat untuk meredakan nyeri sendi. Kecukupan daun pandan sebagai obat alami sakit sendi sudah dirasakan sejak dahulu kala. Dalam pengobatan Ayurveda, daun pandan yang dicampur dengan minyak kelapa dioleskan ke persendian yang sakit. Ini karena daun pandan memiliki khasiat menenangkan. Namun kecukupan daun pandan untuk resep nyeri sendi baru dibuktikan pada pemeriksaan tikus. Pemeriksaan lebih lanjut masih diperlukan.

Baca juga  Kurangi Minum ini kalau Mau Ginjalmu Bahagia! Sering Diminum Lelaki!

2. Kontrol glukosa

Keunggulan lain, daun pandan bermanfaat untuk mengontrol kadar glukosa dalam tubuh. Konsekuensi eksplorasi yang ditujukan pada 30 orang dewasa menunjukkan kadar glukosa yang khas dengan meminum teh daun pandan hangat.

3. Menurunkan hipertensi

Hipertensi merupakan jumlah yang cukup banyak dialami oleh masyarakat negeri ini. Seseorang yang mengalami hipertensi harus ditangani dengan cepat agar tidak memicu penyakit yang berkelanjutan. Mengutip Tribunews.com, daun pandan berkhasiat menurunkan denyut nadi. Untuk merasakan khasiatnya, Anda cukup mendidihkan 3 gram daun pandan dalam 2-3 gelas air hingga menggelembung dan menyisakan air setengahnya. Anda meminum campuran yang ditanam di rumah ini dua kali sehari, pagi dan malam.

Baca juga  Kurangi resiko terkena kanker usus besar berikut Kandungan dan 5 manfaat gandum bagi kesehatan tubuh

4. Membersihkan ketombe

Mengutip dari buku Tumbuhan Terapeutik di sekitar sana, karya dr. Setiawan Dalimartha, daun pandan berhasil menghilangkan ketombe. Daun pandan bisa menjadi jawaban bagi Anda yang memiliki masalah dengan ketombe. Untuk membuat obat alami daun pandan ini sangat mudah sekali anda cukup menghancurkan daun pandan yang sudah dicuci. Sejak saat itu, Anda mengoleskan daun pandan di kulit kepala dengan ketombe.

5. Mengobati usus kendur

Mengutip dari situs Grid.id, daun pandan memiliki khasiat antibakteri dan antimikroba yang membuatnya layak untuk memulihkan usus yang kendur. Untuk merasakan manfaatnya, Anda hanya perlu meminum air rebusan daun pandan setiap siang dan malam hingga sembuh.

(Visited 13 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.