Kam. Okt 21st, 2021

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Belajar mengenal ular sejarah teritori dan kategorinya

3 min read
belajar mengenal ular sejarah teritori dan kategorinya

belajar mengenal ular sejarah teritori dan kategorinya

Sharing is Caring
belajar mengenal ular sejarah teritori dan kategorinya

Ular adalah perkumpulan spesies tak berkaki dan sejak dahulu kala bertubuh reptil yang menjangkau jauh di seluruh dunia. Secara logika, berbagai jenis ular berkumpul dalam satu subordo, yaitu Serpentes tertentu dan juga merupakan spesies dari spesies Squamata (reptil bertekstur), bersama dengan reptil. Bagaimanapun, ular (Serpentes) sendiri dicirikan dalam klade Ophidia, kumpulan reptilia dengan atau tanpa kaki, tubuh panjang, dan secara fisiologis sama sekali berbeda dari reptilia.

Sejarah

Ular diperkirakan berkembang biak dari reptil darat sejak pertengahan Era Jurassic (174,1-163,5 juta tahun sebelumnya). Fosil ular yang paling mapan, Eophis underwoodi, adalah ular kecil yang hidup di daerah selatan Inggris sekitar 167 juta tahun sebelumnya. [1]

Teritori

Ular adalah salah satu reptil yang berevolusi terbaik di planet ini. Mereka dapat ditemukan di berbagai lingkungan alam: hutan, padang rumput, gurun / gurun, sungai, danau, negara baik, perkebunan, sawah, laut, seperti di pemukiman manusia. Bagaimanapun, sebagai reptil yang berbeda, ular tidak menempati dan tidak dapat ditemukan di daerah dingin, misalnya, di punggung gunung dan di kutub es (beberapa kelompok hewan ada yang dapat hidup di wilayah yang dekat dengan kutub utara). Ular juga tidak menempati dan tidak ditemukan di Irlandia, Selandia Baru, Greenland, pulau-pulau terpisah di Pasifik seperti Hawaii, dan di Laut Atlantik.

Baca juga  5 Bangunan Futuristik Masa Depan yang Gagal

Sebagian besar ular hidup dan bersarang di tanah, beberapa juga banyak hidup di pohon atau tanaman. Bagaimanapun, sebagian besar jenis ular di tanah dapat memanjat pohon. Selain di tanah dan pepohonan, ular juga bisa hidup di perairan, bahkan ada kumpulan ular yang hidup di air dan tidak muncul ke darat, misalnya ular dari golongan Hydrophiidae.

perkembangbiakan

Sekitar 70% dari semua ular beranak pinak dengan bertelur (ovipar).  Jumlah telur bisa beberapa telur, sampai puluhan dan banyak telur. Ular bertelur di lubang di tanah, di gua, di lubang di kayu yang lapuk, atau di bawah tumpukan daun kering. Beberapa jenis ular diketahui bahwa telurnya akan melahirkan; bahkan ular piton “mengerami” telurnya.

Baca juga  5 Karakter Pembunuh Kage dalam Anime Naruto

Beberapa ular, misalnya ular kadut belang, ular pucuk dan ular bangkai laut, ‘mengandung keturunan’ hingga awet muda. Memang ular-ular ini tidak mengandung keturunan seperti hewan berdarah panas, namun telurnya berkembang biak di dalam tubuh induknya (ovovivipar), lalu muncul sebagai ular kecil. Seekor ular kasar, yaitu ular tunanetra atau kawat (Indotyphlops braminus), selama ini hanya dikenal unik oleh para betina saja. Ular kecil mirip cacing ini diyakini memiliki pilihan untuk bertelur dan bereplikasi tanpa ular jantan (partenogenesis).

makanan

Ular adalah binatang karnivora, mereka mengejar berbagai jenis makhluk yang lebih kecil dari tubuh mereka. Ular pohon dan ular darat mengejar burung, vertebrata, katak, dan berbagai jenis reptil, termasuk telurnya. Ular besar, misalnya, ular sanca batik dapat mengejar kambing, rusa, rusa, dan bahkan manusia. Ular yang hidup di perairan mengejar ikan, katak, fledglings, dan bahkan telur ikan.

Baca juga  4 Kejadian Mistis yang Sering Terjadi Saat Mendaki Gunung

Ular memakan seluruh mangsanya secara tiba-tiba dan tak tersisa dan diperlengkapi untuk memakan mangsanya beberapa kali lebar kepalanya. Ini karena rahang mereka lebih rendah dan dapat mengisolasi dari rahang atas. Selanjutnya, ular memiliki gigi berlawanan yang menahan mangsanya di mulut mereka. Ini mencegah mangsanya kabur.

Kategori  ular

Hingga saat ini, disadari bahwa terdapat lebih dari 2.900 jenis ular di planet ini. Dari jumlah itu, sekitar 375 spesies di kelompokan sebagai ular berbisa. Ular berbisa adalah istilah umum untuk ular yang memiliki racun. Jenis ular berbisa yang paling mematikan adalah ular terkemuka dari Australia. Dari ular paling berbisa, sebagian besar tidak cukup berisiko bagi manusia. Pada umumnya, ular berusaha menjauh saat bertemu orang.

(Visited 43 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.