Kam. Okt 21st, 2021

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Asal usul dan Kandungan buah mangga beserta manfaatnya

2 min read
manfaat buah mangga

manfaat buah mangga

Sharing is Caring

Mangga adalah sejenis buah, demikian pula nama pohonnya. Mangga termasuk ke dalam marga Mangifera, yang terdiri dari 35 sampai 40 anggota dari suku Anacardiaceae. Nama mangga sendiri berasal dari bahasa Tamil, mangkat, yang berarti man “pohon mangga” + kay “buah”. Kata ini diusung ke Eropa oleh orang-orang Portugis dan diresap menjadi mangga (bahasa Portugis), mango (bahasa Spanyol dan Inggris) dan lainya. Mangga pertama muncul dari daerah di sekitar pinggiran India dengan Burma, dan mangga telah merambat ke Asia Tenggara sekurang-kurangnya sejak 1500 tahun lalu. Buah ini dikenal pula dalam berbagai bahasa daerah di Indonesia khususnya Pulau Jawa seperti pelem atau poh.

Baca juga  5 Pertanda Awal Penyakit Jantung, Kenali Sebelum Terlambat!

Pohon mangga berpolakan besar dapat mencapai tinggi hingga 30 meter atau lebih meski kebanyakan pohon mangga pekarangan hanya sekitar 15 meter atau kurang. Batang pohon mangga berbentuk tegak dan bercabang kuat dengan daun-daun lebat membantu yang indah berbentuk kubah oval atau memanjang dengan diameter sampai 10 m. bungkus batang pohon mangga yang keras dan kasar dengan cukup banyak celah-celah kecil dan bersisik keras tangkai daun. Warna bungkus batang yang sudah tua identik berwanra coklat keabuan kelabu tua sampai hampir hitam. Pohon mangga berakar tunggang yang bercabang-cabang, sangat panjang hingga bisa mencapai 6 m. Akar cabang makin kebawah makin sedikit paling banyak Akar cabang pada kedalaman kura ng lebih 30 sampai 60 cm. Bunga mangga merupakan bunga majemuk yang tinggal banyak di dalam ranting karangan bunga terkadang juga sebagian ada juga yang kuning kehijauan sampai 40 cm panjangnya.

Baca juga  Lapar? Tahan Dulu, ini Waktu Tepat untuk Makan Nasi

Buah mangga termasuk kelompok Buah Batu yang berdaging dengan ukuran dan bentuk yang sangat berubah-ubah tergantung pada macamnya mulai dari bulat bulat telur Indramayu arumanis hingga lonjong memanjang titik panjang buah kira-kira 2,5 sampai 30 cm. Pada bagian pucuk buah ada bagian yang lancip yang disebut paruh buah mangga di atas baru ada bagian yang membengkok yang disebut sinus yang berlanjut ke bagian perut. Kulit buah mangga agak tebal berbintik-bintik kelenjar hijau kekuningan atau kemerahan bila matang titik daging buah jika masak berwarna merah hingga kuning atau krem berserabut atau kurang manis sampai kecut dengan banyak air dan beraroma kuat sampai lemah. Biji berwarna putih gepeng memanjang terselubung endokarp yang tebal mengayuh dan berserat titik biji ini terdiri dari dua keping ada yang Monoembrional dan ada pula yang embrional.

Baca juga  5 Desa Adat Terunik & Paling Aneh Di Indonesia Ini Bikin Geger Seluruh Dunia!

Ada 7 manfaat buah mangga untuk kesehatan

  1. Menjaga kesehatan mata
  2. Mencegah kanker
  3. Potensi mencegah Diabetes
  4. Mengurangi resiko penyakit jantung
  5. Mendukung kesehatan kulit dan rambut
  6. Meningkatkan daya tahan tubuh
  7. Membantu mengatasi sembelit
(Visited 51 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.