Thu. Jul 2nd, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Pemasangan Iklan Facebook

9 min read
Pemasangan Iklan Facebook

Pemasangan Iklan Facebook

Sharing is Caring

Pemasangan Iklan Facebook – Kehadiran internet dan media sosial membawa pengaruh yang sangat signifikan pada berbagai aspek kehidupan. Baik secara budaya, sosial, ekonomi, pendidikan dan lain sebagainya. Ada banyak sekali platform media sosial yang bisa dimanfaatkan secara maksimal. Instagram, Twitter, Tumblr, Facebook, Youtube dan masih banyak lagi.

Dari sekian banyak platform media sosial yang digunakan, faktanya, Facebook menempati urutan teratas. Facebook Ads menjadi topik yang kini ramai diperbincangkan di setiap kalangan masyarakat. Dari bisnis UKM sampai start-up dengan modal besar. Dari online shop sampai kuliner. Bahkan sudah merambah ke usaha-usaha di setiap kota di Indonesia.

Meskipun bukan hal yang baru lagi, namun ” jasa pemasangan Facebook ads ” masih cukup menjanjikan untuk meraup keuntungan besar. Pertanyaannya, apa sih Facebook ads? Keuntungan apa yang bisa diperoleh dari Facebok ads? Bagaimana caranya memulai Facebook ads? Mari kita kupas satu per satu.

Pengertian Facebook Ads/Iklan Facebook

Facebook ads/Iklan Facebook adalah suatu layanan atau service yang disediakan oleh Facebook untuk menemukan target orang yang tepat, memikat hati dan menarik perhatian mereka, dengan tujuan untuk mendapatkan hasil melalui promosi berbayar atau iklan. Jadi, jika Anda memiliki sebuah usaha bisnis dan ingin menemukan target audience yang tepat untuk layanan produk atau jasa yang Anda tawarkan, maka Facebook ads adalah salah satu solusi tepat yang bisa Anda manfaatkan.

Saat ini, Facebook memiliki lebih dari 2 Miliar pengguna aktif di seluruh belahan dunia dan 113 juta pengguna aktifnya berada di di Indonesia. Tentu hal ini menjadikannya sebagai media alternatif yang sangat baik untuk mempromosikan produk anda selain melalui surat kabar maupun media elektronik seperti televisi dan radio.

Di dalam iklan Facebook, Anda bisa mengatur target audience yang diinginkan, mulai dari jenis kelamin, Usia, Lokasi/Kota, dan juga minat interaksi pengguna. Iklan Facebook tampil di bagian kanan halaman dan bagian tengah news feed.

5 Kesalahan dalam Menggunakan Facebook Ads (Iklan Facebook ...

Istilah-istilah dalam Facebook ads :

Ad

Ad merupakan bagian paling kecil dari struktur iklan Facebook. Simpelnya, Ad adalah materi iklan yang Anda gunakan untuk membuat iklan Facebook.

Adset

Adset merupakan struktur Iklan Facebook yang terdiri dari satu atau beberapa materi iklan (Ad). Pada bagian adset ini Anda bisa menentukan anggaran yang akan dipakai, penargetan, jadwal, penawaran atau bidding, dan juga penempatan iklan.

Ads Manager

Ads Manager merupakan sebuah halaman dimana Anda bisa melihat semua “campaign iklan Facebook” Anda. Membuat perubahan anggaran dan penawaran (bids), atau menjeda (pause) dan memulai kembali (restart) iklan Anda kapanpun Anda mau. Di halaman Ads Manager ini Anda akan menemukan Billing Manager yang berisi history atau riwayat pembayaran dan informasi sumber pendanaan Anda. Hebatnya lagi, Anda bisa mengekspor laporan kinerja iklan dari tab Laporan.

Campaign

Struktur Facebook Ads berikutnya adalah campaign. Terdiri dari satu atau beberapa adset. Di level ini Anda bisa memilih serta menentukan objective dari setiap iklan Facebook yang Anda jalankan.

CPC

Cost Per Click atau Biaya Per Klik (BPK). Secara singkat, CPC adalah biaya iklan yang muncul ketika ada audience atau orang yang meng-klik iklan Anda yang sedang tayang.

Baca juga  Situs dan Aplikasi Populer yang Diblokir Dinegara China

CPM

Kepanjangan dari Cost Per Million (1000) Impression atau Biaya per 1000 tayang. Gampangnya, CPM adalah biaya iklan yang harus Anda bayar ketika iklan Anda sudah dilihat atau mencapai 1000 orang.

CTR

Click Through Rate atau Rasio Klik-Tayang (RKT). Artinya, jumlah klik yang diperoleh iklan Anda dibagi dengan berapa kali iklan Anda ditayangkan dalam periode waktu yang sama.

Custom Audience

Custom Audience adalah target market yang datanya merupakan milik Anda sendiri. Bentuknya bisa dalam database nomor telpon, alamat email, nomor handphone, data orang-orang yang pernah berinteraksi dengan Facebook Page Anda maupun data dari orang-orang yang pernah mengunjungi website Anda.

Objective

Ini merupakan tujuan dari iklan yang Anda jalankan di Facebook Ads.

Relevance Score

Nilai antara 1-10 yang memprediksikan seberapa baik target audience Anda menanggapi iklan Anda. Tentunya semakin tinggi nilai yang diperoleh, maka semakin cocok dan akurat iklan Anda untuk audience yang Anda targetkan.

Facebook Pixel

Merupakan kode yang ditempatkan pada website Anda, yang mempunyai kemampuan untuk mengoptimasi, mengukur, serta membangun audience untuk campaign iklan Anda.

Facebook Business Manager

Facebook Business Manager merupakan alat untuk mengelola akses ke Facebook Page dan akun iklan. Biasanya digunakan oleh perusahaan yang perlu memberikan izin atau hak akses yang berbeda kepada beberapa orang.

Reach

Reach adalah jumlah audience atau orang yang melihat iklan Anda minimal 1 kali.

Jenis Iklan Facebook yang sedang nge-trend

Facebook ads terdiri dari beberapa jenis atau kategori. Umumnya, semua mempunyai tingkat keefektifan yang rata, dengan kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Bicara tentang platform media sosial, tentu saja Facebook selalu menjadi nomor satu di dalam pikiran setiap orang. Faktanya, hampir semua orang memiliki akun Facebook bahkan satu orang bisa memiliki lebih dari satu akun. Oleh karena itu, tidak heran apabila “layanan Facebook Ads” semakin gencar dilirik oleh pelaku usaha baik skala kecil ataupun besar. Berbagai jenis perusahaan menginvestasikan pendanaan marketing mereka untuk melakukan iklan di Facebook.

Berikut ini adalah beberapa jenis Iklan Facebook yang perlu Anda ketahui:

1. Iklan Foto Facebook (Facebook Photo Ads)

Iklan foto di Facebook adalah cara yang sederhana namun sangat efektif untuk meningkatkan brand awareness tentang siapakah Anda, apa usaha atau bisnis Anda dan apa yang Anda lakukan. Selain itu, Iklan Foto juga dipakai untuk membangun interaksi dengan calon klien, dan meningkatkan trafik usaha. Meskipun terlihat sederhana, tapi jika Anda bisa mengambil foto secara profesional, menampilkannya dengan cara yang kreatif dan unik, maka setiap pengunjung yang melihat iklan Anda akan merasa tertarik. Bahkan mereka akan menjadi pelanggan setia Anda.

2.  Iklan Korsel (Carousel Ads)

Iklan korsel dalah format iklan yang mengkombinasikan beberapa gambar atau video menjadi sebuah iklan. Iklan jenis ini menjadi sangat populer di Facebook dan Instagram. Karena format carousel memungkinkan Anda menampilkan dua atau lebih gambar dan/atau video, judul dan tautan atau ajakan bertindak dalam satu iklan, maka siapapun yang melihat iklan Anda dapat dapat menggeser ke samping carousel cards pada ponsel/tablet atau mengklik panah di layar komputer.

Baca juga  Top 5 Smartphone Oppo Paling Menjadi Incaran. No 3 Ngecasnya Paling Ngebut

Manfaat

  1. Anda dapat menceritakan alur melalui carousel cards secara beriringan atau bisa juga untuk menampilkan sebuah gambar yang panjang.
  2. Anda dapat menampilkan kreasi iklan Anda secara berkala.
  3. Anda dapat menampilkan paket, aplikasi atau produk tertentu secara detail dan rinci.
  4. Anda dapat menampilkan produk jasa/barang tertentu yang Anda pasarkan atau aplikasi yang Anda miliki.

 3. Iklan Video (Video Ads)

Berbeda dengan Iklan Foto yang memang disediakan untuk menampilkan iklan dalam bentuk gambar, Facebook Video Ads merupakan iklan Facebook dalam format video. Anda tidak perlu menulis uraian teks panjang dan mengunggah foto atau gambar. Anda cukup membuat konsep video kreasi Anda sendiri, lalu bekerjasama dengan videomaker untuk mengaplikasikan konsep yang sudah Anda buat. Anda juga dapat menggunakan video yang sudah ada untuk selanjutnya mengunggah video tersebut ke pemutar video asli Facebook. Deskripsi video, anggaran, gambar mini, dan audiens tempat Anda mempromosikan iklan dapat Anda atur sendiri.

Iklan video Facebook merupakan metode terbaik untuk memastikan bahwa masyarakat mengingat brand atau merek Anda dan mereka akan kembali ke situs Anda. Tidak hanya menjadi tren di Facebook, tetapi video juga merupakan suatu metode yang berguna untuk mengkonversi dan melibatkan pengunjung situs website serta mengarahkan mereka ke keterlibatan di berbagai saluran sosial. Intinya, Jenis format ini digunakan jika tujuan iklan kamu adalah untuk menjangkau lebih banyak calon klien dan berinteraksi dengan audiens.

4. Slideshow Ads

Slideshow ads merupakan iklan yang mirip dengan video. Iklan jenis ini menggunakan serangkaian foto/gambar diam dan juga efek yang menampilkan teks, menunjukkan gerakan, dan memutar suara untuk menampilkan cerita Anda. Slideshow ads juga sangat berguna bagi pengusaha kecil yang tidak memiliki cukup pengalaman atau dana yang dibutuhkan untuk membuat sebuah iklan video.

5. Canvas Ads

Iklan Facebook Canvas merupakan pilihan iklan baru yang dirancang dan disesuaikan khusus agar dapat ditayangkan pada handphone secara optimal. Sayangnya, media ini tidak bisa membantu Anda untuk menjangkau pelanggan yang hanya menggunakan Facebook lewat Desktop.

6. Dynamic Product Ads

Dynamic Product Ads memudahkan Anda untuk menyusun sebuah iklan yang otomatis bisa menggunakan beberapa gambar. Terlebih lagi, Anda tidak perlu susah-susah membuat desain dan konsep khusus untuk beberapa jenis produk yang berbeda. Anda cukup membuat satu template untuk semua jenis layanan dan produk yang Anda tawarkan.

Kelebihan dan Manfaat Menggunankan Iklan Facebook

Memasang iklan Facebook dengan strategi yang tepat dapat memberikan hasil yang maksimal bagi bisnis Anda. Iklan Facebook adalah  salah satu metode pemasaran digital yang sangat efektif untuk mempromosikan layanan dan produk Anda ke wilayah pemasaran yang lebih luas dan menjangkau lebih banyak pelanggan secara akurat dan terfokus.

Cara Membuat Facebook Ads untuk Pemula (Panduan Lengkap 2020)

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari pemasangan iklan Facebook.

1. Analisa Data

Manfaat yang lain adalah analisa data. Facebook memberikan kemudahan untuk mengakses informasi-informasi yang berkaitan dengan keberhasilan iklan Anda secara real time. Baik tentang jumlah pengguna Facebook yang meng-klik iklan Anda hingga data audience yang diraih selama iklan ditayangkan. Tentunya masih banyak lagi informasi yang bisa anda akses secara mudah.

Baca juga  Peningkatan Dan Penurunan Spesifikasi Xiaomi Mi A3 Dari Mi A2 Tahun Lalu

2. Brand Awareness

Mempromosikan produk di Facebook merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk membangun merek Anda dan memastikan lebih banyak orang mengetahui merek Anda. Meskipun tidak menghasilkan penjualan secara langsung, tetapi cara ini dapat membantu memperkuat merek Anda di dalam pikiran dan memori mereka.

3. Potensi dan Peluang Sangat Tinggi

Data menunjukkan bahwa pengguna Facebook mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Dengan begitu, platform ini tentunya menjadi media yang sangat strategis untuk memasarkan dan mempromosikan produk, bisnis, serta layanan jasa Anda. Simpelnya, usaha anda akan sangat berpotensi untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

4. Filter

Memaksimalkan fitur yang dapat mengatur dan menetapkan target audience/market tertentu berdasarkan usia, jenis kelamin, minat pengguna dan target lainnya tentunya akan sangat berguna. Selain itu, Anda juga dapat melakukan filter melalui lokasi dimana pengguna tinggal dalam radius tertentu. Artinya, iklan Anda hanya dapat dikirim ke pelanggan yang berada di dalam radius tersebut.

 5. Specific Target

Facebook Ads memungkinkan Anda untuk membuat target yang detail dan sangat spesifik. Layanan Iklan Facebook menyediakan kemudahan kepada user untuk mengatur, mengelola dan menentukan target pasar secara rinci dan jelas berdasarkan beberapa macam kategori seperti jenis kelamin, usia, hobi, lokasi, dan lain sebagainya. Manfaat inilah yang menjadi trigger banyak pengusaha untuk menyewa agen penyedia layanan iklan Facebook.

Kelemahan Facebook Ads

Setelah Anda mengetahui dan memahami kelebihan dan manfaat dari Facebook Ads, tentunya Anda juga harus siap untuk melihat dan memahami kelemahannya.

 1. Sulit untuk Menarik Perhatian Pengguna

Iklan yang membosankan dan sederhana akan sangat mengganggu aktivitas orang-orang di Facebook. Mereka cenderung sibuk dengan urusan mereka sendiri, seperti memperbarui profil, chatting dengan teman, menonton video atau postingan orang lain, atau bahkan sekedar mengecek Facebook story. Anda harus bisa membuat iklan yang sangat unik dan kreatif untuk menarik perhatian pengguna, dan meningkatkan peluang mereka menjadi pelanggan Anda.

2. Negative Feedback

Jika Anda sudah memutuskan untuk memasang Iklan di Facebook, maka Anda juga harus siap menerima kritikan, masukan, komplain dan ulasan atau feedback dari pelanggan. Kebanyakan orang tidak siap dalam menerima ulasan negatif, sehingga hal ini justru akan menurunkan tingkat kepercayaan pelanggan. Anda harus belajar bagaimana menanggapi negative feedback dengan bijak. Menerima masukan, kritikan pedas, saran atau bahkan ide-ide dari customer. Percayalah, pembeli adalah Raja.

3. Kompetitif

Facebook mempunyai banyak pengguna di seluruh dunia, sudah pasti iklan akan tumbuh subur seperti jamur. Oleh karena itu, sudah bisa dipastikan persaingannya akan sangat ketat. Karena itu, di awal sudah disampaikan agar Anda bisa membuat Iklan yang unik dan kreatif untuk menarik perhatian pelanggan.

4. Butuh Banyak Biaya dan Waktu

Mempertahankan “iklan Facebook” Anda tentunya membutuhkan banyak sumber daya, energi dan juga waktu. Like, komentar dan follower tidak bisa didapat hanya dalam satu malam. Artinya, Anda harus melakukan banyak promosi. Semakin unik dan kreatif, maka peluang yang Anda dapatkan juga semakin besar.

Di dunia ini segala sesuatu diciptakan dengan berpasangan. Jika ada kekurangan maka akan ada kelebihan. Tinggal bagaimana kita mengelola tanggung jawab untuk berpikir dengan lebih hati-hati dan mempelajari apa yang harus dilakukan segera. Seperti juga dalam pemasaran Facebook, banyak sekali yang harus dipikir dan dipertimbangkan untuk mencapai sasaran dan tujuan Anda. Anda perlu banyak belajar dan mempelajari beberapa tips pemasaran sehingga Anda dapat mengoptimalkan peluang usaha Anda melalui Facebook Ads. Semoga apa yang sudah disampaikan di atas, dapat membantu Anda dalam mencapai sukses dan lebih produktif di dunia online.

(Visited 26 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.