Sat. Sep 19th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Kisah Mistis Sepak Bola Indonesia yang Nyata dari Seorang Legenda Persib, Serem!

2 min read
Sharing is Caring

Salah seorang pesepak bola legenda Indonesia yang berasal dari klub Persib Bandung, Emen Suwarman mengungkapkan kejadian-kejadian mistis yang ia alami selama berkarir di dunia sepak bola Indonesia. Ia beberapa kali jengkel tatkala ia menendang bola ke gawang, namun tendangan tersebut tidak membuahkan gol. Acapkali persentasi tendangan tersebut mencapai 100%, akan tetapi bola seakan-akan melenceng tak disangka-sangka.

Menurutnya, sudah menjadi rahasia umum jika persepakbolaan Indonesia masih berbau hal-hal yang mistis.

“Dulu pernah main Lawan tim asal Bogor, kita frustasi tidak bisa memasukkan gol. Ditembak depan gawang, bola malah terbang ke pinggir tidak bisa masuk ke gawang,” tuturnya kepada merdeka.com, Sabtu (7/11/2015). Karena kesulitan membobol gawang musuh, Emen pun memberanikan diri untuk ‘mengencingi’ sekitar gawang lawan ketika pertandingan, yang katanya cara tersebut ampuh untuk melunturkan unsur-unsur magis yang ada.

Baca juga  Harapan MU Mendatangkan James Masih Berpeluang

Tak menunggu lama, Persib pun mampu mencetak gol.

“Saya kencing saja di sudut corner, titik pinalti terus di gawang, setelah itu baru Persib bisa cetak dua gol,” ungkapnya.

Legenda Persib itu ternyata pernah mendatangi ‘tiga orang pintar’ asal Garut, Majalengka, dan Tasikmalaya agar penampilannya memukau. Hal ini pun dibenarkan olehnya.

“Saya sengaja naik ke Gunung, dikasih darah ayam cemani, supaya saat membawa bola tidak takut,” ungkapnya.

Tujuan lain Emen melakukan itu adalah untuk penyembuhan sebagai terapi cedera tulang kering yang ia alami. Usut punya usut, pada tahun 1962, ia pernah mendapatkan sebuah insiden tatkala Persib berlaga dengan Persija, yang mengakibatkan ia harus menderita cedera tulang kering.

Baca juga  Man City 1-1 Shakhtar, Tottenham 4-2 Olympiakos, Ini Klasemen Terbaru Liga Champions 2019

“Ya diobatinya di kampung, tidak sampai dioperasi. Hanya diusap sama ajengan sembuh langsung, saya percaya soalnya langsung lihat sendiri,” ucapnya. 

(Visited 42 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.