Tue. Oct 27th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Peneliti Indef: Lockdown Jakarta Bisa Sebabkan Kelaparan Massal

1 min read
Peneliti Indef: Lockdown Jakarta Bisa Sebabkan Kelaparan Massal
Sharing is Caring

Sebagaimana diwartakan berbagai media massa, lockdown atau mengunci akses keluar masuk wilayah belum diambil oleh pemerintah pusat. Pasalnya opsi tersebut membawa konsekuensi yang harus dikalkulasi dengan sempurna. 

Dikutip Pikiran Rakyat, Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, opsi lockdown belum terpikirkan oleh pemerintah. Menurut Luhut, setiap negara punya masalah sendiri dan sejauh ini kondisi negara masih aman dan terkontrol. 

Khusus Jakarta, lockdown terhadap ibu kota tersebut dikhawatirkan membawa masalah serius jika tidak dipersiapkan dengan matang. Lebih jauh lockdown dapat memicu masalah sosial yang berbahaya. 

Hal tersebut diungkapkan oleh peneliti dari Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudistira Adhinegara. Menurutnya, lockdown terhadap Jakarta berpotensi menurunkan suplai bahan makanan ke wilayah tersebut. 

Baca juga  Jakarta Dikepung Banjir, Novel Bamukmin Puji Anies Baswedan

Lockdown menyebabkan distribusi barang terganggu. Ini berpengaruh pada masyarakat menengah ke bawah. Lockdown bisa menyebabkan kelaparan massal,” ujar Bhima. 

Bhima menjelaskan, sebanyak 70% peredaran uang nasional terjadi di Jakarta. Artinya, status lockdown di Jakarta akan sangat mempengaruhi perekonomian nasional. 

Lebih lanjut menurut Bhima, Jakarta merupakan daerah penyumbang 20% dari inflasi nasional. Lockdown yang mengganggu distribusi barang dapat berdampak pada kenaikan harga bahan pokok. Jika itu terjadi maka inflasi nasional bisa terkerek lebih dari 4%. Padahal target inflasi nasional tahun 2020 ini adalah sebesar 3%. 

(Visited 10 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.