Wed. Apr 1st, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Presiden Pastikan Indonesia Tak Akan Di-Lockdown

1 min read
Presiden Pastikan Indonesia Tak Akan Di-Lockdown
Sharing is Caring

Kasus penyebaran corona di Indonesia mulai memprihatinkan. Dikutip Pikiran Rakyat, hingga Minggu 15 Maret 2020 pukul 15.00 kemarin, tercacat total pasien yang positif terinfeksi corona mencapai 117 orang. Jumlah tersebut meningkat sebanyak 21 kasus dari hari sebelumnya. 

Meski demikian pemerintah tak akan memberlakukan isolasi wilayah (lockdown). Hal tersebut diungkapkan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor pada Minggu (15/3/2020). 

Kami melihat beberapa negara yang mengalami penyebaran lebih awal dari kita ada yang melakukan lockdown, dengan segala konsekuensi yang menyertainya. Ada juga negara yang tidak melakukan lockdown, tetapi melakukan langkah dan kebijakan yang tepat untuk menghambat penyebaran covid-19 ini,” ujar Jokowi.

Baca juga  Menara ini Bikin Bulukuduk Merinding!

Namun demikian Jokowi tidak memerinci lebih lanjut alasan tidak dipilihnya opsi lockdown. Ia hanya menekankan agar masyarakat saling menolong, bersatu padu, dan gotong royong agar masalah virus corona bisa cepat teratasi. 

Sebagaimana diketahui, pemerintah China, Italia, Iran, dan beberapa negara lainnya telah menerapkan kebijakan lockdown. Kebijakan tersebut merupakan protokel ultra ketat guna meminimalisir penyebaran virus corona di negaranya. 

Opsi tersebut sejauh ini tidak diambil oleh pemerintah Indonesia. Jokowi membuat langkah lain yakni dengan memerintahkan menteri keuangan agar memberikan dukungan anggaran yang memadai untuk penanganan kasus corona di Indonesia. 

(Visited 1 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.