Thu. Nov 26th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Menhub BKS Positif Corona, Protokoler Tracing Mengarah ke Pejabat Siapa Saja?

2 min read
Menhub BKS Positif Corona, Protokoler Tracing Mengarah ke Pejabat Siapa Saja?
Sharing is Caring

Saat Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi (BKS) tiba-tiba harus dirawat di rumah sakit, Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati pun langsung menjelaskan kepada wartawan,bahwa BKS tengah menderita sakit tifus dan asma semata. Adita juga menegaskan bahwa BKS sakit bukan karena terjangkit virus corona .

“Dia tengah dirawat di rumah sakit karena penyakit tifus dan asma yang sudah lama diderita,” kata Adita seperti dikutip dari Antara , Sabtu (13/3/2020).

Selanjutnya Adita juga menambahkan kronologi bahwa Budi Karya disambut jatuh sakit dan menderita tifus di dalam rangkaian kunjungan di Sulawesi. Namun, sebelum masuk rumah sakit, BKS masih mengadakan beberapa kali pertemuan dan seremonial sampai terakhir kali bertemu Menteri Infrastruktur dan Manajemen Air Negara Belanda Cora Van Nieuwenhuize untuk membahas peluang kerja sama di sektor transportasi di kantor Pelindo II, Tanjung Priok, Jakarta.

Baca juga  Terkesan Tak Berfaedah, Tapi Temuan ini Bisa Permudah Hidup Kamu!

Sampai akhirnya pada perkembangan selanjutnya, dalam jumpa pers di Istana Kepresidenan, Jakarta, wakil Kepala RSPAD Gatot Soebroto Budi Sulistya kemudian menyebut adanya pejabat pemerintah yang positif virus corona yang kemudian mereka beri nomor identitas pasien 76. 

Selanjutnya Menteri Sekretaris Negara Pratikno yang turut hadir dalam konpers mengkonfirmasi bahwa pejabat yang dimaksud adalah Budi Karya.

“Atas izin keluarga yang disampaikan oleh kepala RS tadi adalah Pak Menhub,” ungkap Pratikno jujur.

Dus, jika berlaku standar protokoler penanganan yang baku, maka pihak medis harus segera melakukan penelusuran (tracing) penyebaran virus corona (COVID-19) yang terkait dengan aktivitas pasien positif corona selama 14 hari sebelumnya.

Baca juga  Pilot ini Berhasil Daratkan Pesawat yang Kokpitnya Retak Akibat Hujan Es di Bandara Turki!

Nah jika sekarang Menhub BKS telah menjadi pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19, maka tentunya akan segera menyusul beberapa pihak lainnya dalam lingkungan istana yang harus diperiksa dan dikarantina secepatnya karena telah melakukan aktivitas, kontak dan unsur-unsur penularan lainnya selama 14 hari sebelum BKS didiagnosa positif corona sekarang.

Seperti yang kita ketahui, sebelumnya pada 1 Maret 2020, BKS menerima penumpang Diamond Princess yang dinyatakan telah berstatus negative dari corona. Tangal 10 Maret 2020 BKS bertemu Menteri Belanda dan Raja Belanda. Tanggal 11 BKS mengikuti sidang cabinet. Tanggal 13 BKS juga masih mampu mendampingi Presiden Jokowi, Menteri BUMN Erick Thohir, dan kepala BIN saat menginspeksi T3U CGK untuk memeriksa kesiapan bandara.

Baca juga  Alasan Ilmiah dibalik Video Gelembung beku yang Viral di YouTube!

Nah kalau dari data ini, bahkan Presiden Jokowi pun perlu menjalani protokoler tracing agar dipastikan tidak terkena virus corona yang dibawa BKS ketika masa inkubasi.

Kita doakan saja, BKS segera sembuh dari penyakit yang menimpanya, Presiden Jokowi, Menteri Erick Thohir, Kepala BIN, anggota kabinet yang ikut bersidang dan semua orang yang terkait dengan BKS sebelumnya tidak terjangkit corona dan sehat bugar adanya

(Visited 16 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.