Thu. Aug 6th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Koalisi Masyarakat Sipil: Publik Menuntut Transparansi Pemerintah Soal Corona

2 min read
Koalisi Masyarakat Sipil: Publik Menuntut Transparansi Pemerintah Soal Corona
Sharing is Caring

Sejumlah elemen masyarakat yang tergabung dalam koalisi masyarakat sipil mendesak pemerintah pusat agar membuka secara detail informasi sebaran pasien positif corona. Selain itu mereka juga mendesak keterbukaan informasi perihal wilayah sebaran kasus corona, baik yang positif maupun terduga (suspect). 

Sebagaimana diwartakan Pikiran Rakyat, koalisi masyarakat sipil tersebut berasal dari sejumlah LSM seperti Kontras, YLBHI, Lokataru, LBH Masyarakat, Walhi, PKBI, YLKI, P2D, Migrant Care, dan AJAR. 

Koordinator Kontras, Yati Andriyani mengatakan, pemerintah terkesan lamban dan tidak serius dalam menangani corona. Menurut Yati, jika dibandingkan dengan negara lain seperti Singapura, pemerintah Indonesia seolah-olah menganggap remeh serangan virus mematikan tersebut. 

Baca juga  Novel Bamukmin Curhat Dipecat BPN dan Diancam Penjara

Yati mencontohkan, ketidakseriusan tersebut terlihat dari sikap penolakan pemerintah terhadap prediksi dari Universitas Harvard mengenai kemungkinan corona sudah sampai di Indonesia. Saat itu pemerintah cenderung abai dan meremehkan prediksi tersebut. 

Sikap meremehkan dan cenderung antipati ini sedikit banyak telah membuat pemerintah tergagap manakala virus ini benar-benar datang. Sementara, pemimpin negara tetangga sudah jauh-jauh hari menyiapkan langkah antisipasi,” ujar Yati. 

Sementara itu, Direktur Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) Asfinawati mengatakan, pemerintah harus menyediakan informasi publik yang benar, lengkap, dan berkala. Hal tersebut diperlukan untuk mengubah mekanisme respon pemerintah terhadap pandemik tersebut yang dinilai lamban. 

Lebih lanjut Asfinawati juga menyoroti manajemen komunikasi yang tidak satu pintu. Ia menyesalkan banyaknya pejabat publik atau institusi pemerintah yang tidak memiliki relevansi di bidang medis, ikut bicara soal virus mematikan tersebut. 

Baca juga  Mahfud: Pemerintah Daerah Jangan Cari Panggung Terkait Virus Corona! PKS Malah Jawab Gini
(Visited 2 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.