Thu. Jul 9th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Harga Bawang Bombai Sudah Gila-gilaan, Keran Impor Pun Dibuka

1 min read
Sharing is Caring

Pasokan bawang bombai mulai menipis di pasar. Alhasil, komoditas ini menjadi langka. Barang yang sedikit dengan permintaan yang banyak, membuat bawang bombai naik gila-gilaan harganya. Untuk itu mengatasi hal tersebut, Kementerian Perdagangan mengatakan akan mengeluarkan izin impor bawang bombai. Kebijakan ini diambil seiring dengan diterbitkannya rekomendasi impor produk hortikultura (RIPH) dari Kementerian Pertanian untuk komoditas bawang bombai. Seperti diberitakan Bizlaw.id “Kita sudah keluarkan izin untuk impor bawang bombai karena baru masuk RIPH-nya, sehingga langsung kita proses,” kata Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, ditemui di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Rabu (11/3/2020).

Di kesempatan berbeda, Dirjen Perdagangan Luar Negeri Indrasari Wisnu Wardhana mengatakan pihaknya akan menerbitkan izin impor untuk 2 ribu ton bawang bombai. Komoditas itu diimpor dari Selandia Baru. “Sudah dikeluarkan, 2 ribu ton bawang bombai, yang udah keluar ya (dari) New Zealand,” kata pria yang akrab disapa Wisnu ini.

Baca juga  Pohon Socretea Exorrhiza yang bisa Berpindah Tempat!

Kembali ke Agus, dia mengatakan meskipun sudah mendapatkan RIPH dan izin impor, pasar tidak langsung dibanjiri bawang bombai. Dia mengatakan impor pun butuh waktu untuk prosesnya. “Itu memang ketika keluar RIPH-nya tidak serta merta hari itu langsung keluar, kita harus proses beberapa waktu. Tapi pada prinsipnya udah ada yang dikeluarkan,” ungkap Agus.

(Visited 3 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.