Thu. Jul 2nd, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Ribuan Mahasiswa Gunadarma Terancam “Putus” Kuliah

2 min read
Ribuan Mahasiswa Gunadarma Terancam "Putus" Kuliah
Sharing is Caring

Setelah berjam-jam menggelar aksi, akhirnya pihak kampus menerima mahasiswa untuk diskusi terbuka. Ribuan mahasiswa Universitas Gunadarma melakukan longmarch dari kampus E Kelapa Dua menuju Kampus D Jalan Margonda, Depok sepanjang 2 Km, Senin (9/3/2020). Aksi longmarch ini dilakukan sebagai bentuk protes atas kebijakan kampus yang dinilai tidak berpihak kepada mahasiswa.

Akibat adanya kebijakan kampus yang dianggap memberatkan, ribuan mahasiswa Universitas Gunadarma terancam cuti kuliah, putus kuliah, pindah, hingga diberhentikan paksa oleh pihak kampus. Kebijakan pembayaran pecah blanko dianggap merugikan mahasiswa.

Satu tuntutan yang paling krusial ialah menyangkut sistem pembayaran cicilan “pecah blanko” yang baru. Mulanya, cicilan ini diciptakan guna mempermudah mahasiswa Gunadarma yang kesulitan membayar uang kuliah per semester secara kontan.

Baca juga  Michael Jackson Diduga Vampir?

Dalam sistem yang baru, pihak Universitas Gunadarma disebut telah mengubah rasio cicilan pertama-kedua, dari 50-50 menjadi 70-30. “Kebijakan ini dirasa sangat memberatkan bagi pihak mahasiswa yang tidak mampu membayar 70 persen dari biaya perkuliahan,” tulis mereka. “Ini akan mengancam mahasiswa untuk tidak bisa melanjutkan perkuliahan (cuti) jika tidak dibayarkan sesuai dengan waktu yang telah di tentukan. Nominal 70 persen dinilai memberatkan mahasiswa sebagai pihak pemohon pecah blanko.” Selain itu, ancaman sanksinya juga telah dimodifikasi, sehingga dirasa memberatkan mahasiswa untuk menjalani kuliah. “Jika Anda tidak melunasi CICIL 2 dan tidak menyerahkan blanko CICIL 2 ke PSA Online, maka nilai pada semester yang bersangkutan tidak ditampilkan pada Studentsite dan tidak diperbolehkan mengikuti perkuliahan di semester berikutnya,” tulis Aliansi Mahasiswa Gunadarma dalam lembar pernyataan sikapnya. Berdasarkan keadaan ini, Aliansi Mahasiswa Gunadarma sepakat menuntut manajemen kampus mereka kembali ke sistem pecah blanko terdahulu.

Baca juga  Bersih Dan Anti Becek, Inilah 10 Pasar Tradisional Terbaik Didunia Yang Belum Kamu Ketahui
(Visited 5 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.