Fri. Sep 25th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Di Iran Wanita Tidak Boleh Menonton Sepak Bola ke Stadion ? Ini Alasannya!

2 min read
Sharing is Caring

Sudah 38 tahun wanita di Iran dilarang untuk menonton pertandingan sepak bola di stadion. Tepat pada hari Kamis (10/10/2019) di Azadi Stadium terjadi sebuah hal yang bersejarah bagi rakyat Iran, khususnya wanita. Para wanita di Iran akhirnya bisa menonton sepak bola ke stadion setelah 38 tahun lamanya mereka dilarang untuk datang ke stadion langsung. Kira-kira apa penyebabnya ?

Revolusi Iran 1979, terdapat sebuah aturan dimana para wanita dilarang untuk menonton sepak bola di stadion. Peraturan tersebut berlaku di tahun 1981 hingga tahun 2019. Tentunya hal itu tak membuat rakyat di Iran terdiam. Rakyat Iran terus mengkritik pemerintah Iran, hingga akhirnya mereka luluh.

Baca juga  Cuma Karena Komentar, Paul Pogba Diklaim Balik Ke Juventus

Sejarah awal mula kemajuan sepak bola tersebut, terjadu dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang mempertemukan Iran dengan Kamboja. Pihak penyelenggara sampai menyediakan tribune khusus bagi wanita. Para wanita dijatahi 3500 tiket dari jumlah 78.000 tiket yang ada. Antusiasme mereka sungguh sangat luar biasa. Tak disangka-sangka, dalam waktu beberapa menit saja tiket tersebut langsung ludes tak tersisa.

Saking rindunya menonton sepak bola langsung di stadion, para wanita Iran terlihat berseri-seri, diiringi dengan kibaran bendera dan sorak-sorai.

“Kami menikmati waktu yang menyenangkan selama tiga jam. Kami semua tertawa, bahkan sebagian menangis karena terharu,” kata salah seorang suporter wanita Iran melalui cuitan di Twitter.

Baca juga  Alisson Becker Dengan Hebatnya Cetak Assist untuk Mohamed Salah!

“Kami pernah mengalami pengalaman seperti ini dulu sekali. Tapi, saya sangat senang untuk remaja-remaja putri yang bisa datang ke stadion hari ini,” imbuh suporter wanita Iran itu.

Tercatat dalam sejarah, terakhir kali para wanita membeli tiket adalah pada 9 Oktober 1981 silam. Tentu saja, peristiwa bersejarah ini disambut oleh dunia, terutama oleh FIFA. Menurut FIFA, langkah tersebut merupakan debut awal kemajuan sepak bola di Iran.

“FIFA sekarang menuju masa depan ketika semua gadis dan wanita ingin melihat pertandingan sepak bola di stadion, maka bisa melakukannya dengan bebas di Iran dan di lingkungan yang aman,” tulis FIFA melalui pernyataannya. 

“Sekarang langkah ini tak bisa dihentikan atau mundur kembali,” imbuh FIFA. 

Baca juga  5 Stadion dengan Atmosfer Terbaik yang ada di Asia Tenggara

CEO FIFA Foundation, Youri Djorkaeff, mengatakan kehadiran suporter wanita Iran di stadion tersebut sebagai momen pertama yang hebat. “Harus ada awal, dan hari ini, itulah awalnya,” kata Djorkaeff.

(Visited 2 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.