Fri. Sep 25th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Menkes Singapura Belum Ada Pasien Singapura Meninggal karena Corona

2 min read
Menkes Singapura Belum Ada Pasien Singapura Meninggal karena Corona
Sharing is Caring

Menteri Kesehatan Singapura Kim Yong mengatakan bahwa negara mereka harus siap menghadapi kemungkinan terburuk yakni kematian akibat. Meski banyak warga yang terpapar, sejauh ini belum ada pasien corona di Singapura dilaporkan meninggal. “Tidak terhindarkan bahwa Singapura akan melihat kematian akibat virus corona,” kata Gan Kim Yong dalam pengarahan, Jumat (6/3)., Gan yang juga memimpin satuan tugas multi-kementerian untuk memerangi penyebaran virus corona mengatakan saat ini tujuh pasien di ICU berada dalam kondisi cukup kritis.

“Sejauh ini petugas layanan kesehatan kami bekerja sangat keras dan berusaha yang terbaik untuk menunjang mereka dan mudah-mudahan mereka dapat pulih. Tapi itu tak terhindarkan bahwa pada suatu saat, kita akan melihat kematian dari Covid-19, seperti yang telah kita lihat di negara lain,” katanya. Gan juga pernah memberikan peringatan serupa. Dalam pengarahan 12 Februari lalu dia mengatakan bahwa Singapura harus siap dengan segala kemungkinan terburuk.

Baca juga  Rugani Positif Corona, Ronaldo Terancam Dikarantina

“Sementara sebagian besar pasien yang terinfeksi akan pulih, beberapa mungkin akan lebih parah, dan sejumlah kecil akhirnya menyerah pada infeksi.” Di tempat yang sama, Direktur Layanan Medis Kenneth Mak menambahkan rata-rata pasien terinfeksi virus corona yang dirawat di rumah sakit hanya memiliki gejala ringan. Mereka juga mendapat perawatan cukup lama untuk memastikan terbebas dari virus hingga akhirnya dipulangkan.

“Ada beberapa orang di ICU, (mereka) semua membutuhkan dukungan oksigen, sebagian besar melibatkan penggunaan ventilator. Mereka telah menerima perawatan lain, termasuk penggunaan obat antivirus.”. Singapura menjadi negara dengan kasus corona terbanyak di Asia Tenggara. Pada 5 Maret 2020, Pemerintah Singapura mengonfirmasi lima kasus baru positif Covid-19 sehingga jumlah total yang terinfeksi mencapai 117. Sementara dua pasien dilaporkan sembuh. Dengan demikian total pasien virus corona yang dinyatakan sembuh ada 81 orang. Dari 36 pasien positif yang dirawat, mayoritas dalam kondisi stabil dan membaik, namun terdapat tujuh pasien berada dalam kondisi kritis di ICU.

Baca juga  Perlindungan Sistemik Bagi Pekerja Medis Terhadap Virus Corona

Kasus kematian nihil corona di Singapura dinilai banyak pihak terjadi lantaran pemerintah cepat tanggap dalam menanggulangi penyebaran virus sejak pertama kali muncul di negara tersebut. WHO bahkan memuji cara efektif pemerintah Singapura untuk mengedukasi masyarakat demi menyetop penyebaran.

Singapura juga dinilai teliti dalam menelusuri jejak interaksi setiap pasien corona dengan warga lainnya demi meredam risiko penularan.

Singapura runut melacak aktivitas pasien corona sebelum diketahui positif Covid-19, termasuk melacak riwayat perjalanan mereka. Pemerintah Singapura bahkan memberikan masker secara gratis bagi warga. Hingga saat ini virus corona telah menginfeksi lebih dari 97 ribu orang dan menewaskan lebih dari 3.300 pasien di seluruh dunia. Sedangkan pasien sembuh mencapai lebih dari 55 ribu orang.

Baca juga  Separuh Pasien Corona Sembuh Total, WHO Sebut Kematian Corona Rendah
(Visited 18 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.