Tue. Sep 22nd, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Tjahjo Kumolo: ASN Kalau Masuk Kantor, Lepas Cadarnya! Komnas HAM Langsung Jawab Begini

1 min read
Tjahjo Kumolo: ASN Kalau Masuk Kantor, Lepas Cadarnya! Komnas HAM Langsung Jawab Begini
Sharing is Caring

Menteri PAN-RB, Tjahjo Kumolo mempersilakan Aparatur Sipil Negara (ASN) menggunakan cadar di luar kantor. Namun, Tjahjo melarang ASN menggunakan cadar saat beraktivitas di kantor.

“Di Kementerian saya, ada yang tanya, apakah saya (ASN) boleh kerja pakai cadar? Saya bilang, pakai cadar boleh dari rumah, tapi masuk kantor, silakan lepas (cadarnya). Keluar lagi pas mau pulang, silakan kalau mau dipakai lagi,” kata Tjahjo.

Komnas HAM bersuara

Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam menanggapi pernyataan Tjahjo Kumolo yang melarang ASN menggunakan cadar saat berada di kantor. Choirul menyebut negara seharusnya memastikan pelayanan publik maksimal, bukan mencampuri cadas ASN.

“Dalam posisi ini, negara tidak bisa masuk jauh soal keagamaan. Yang bisa adalah memastikan pelayanan publik maksimal dan mengatur aparatur negara bekerja dengan maksimal,” kata Choirul.

Baca juga  7 Perbedaan Mencolok Cewek VS Cowok di Kehidupan Sehari -hari ini Bikin Nyengir Kuda

Anam mengatakan penggunaan cadar memang memiliki banyak pandangan. Namun, dia menegaskan negara tidak memiliki wewenang untuk mencampuri persoalan cadar.

“Penggunaan cadar memang banyak pandangan dalam negara demokrasi, ada yang melarang dengan alasan keamanan dan pelayanan publik, ada yang membolehkan juga. (Tapi) prinsipnya negara tidak bisa mencampuri keagamaan,” tegas Choirul

(Visited 12 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.