Sun. Jul 5th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Separuh Pasien Corona Sembuh Total, WHO Sebut Kematian Corona Rendah

2 min read
Sharing is Caring

Seturut penyebaran wabah corona, badan kesehatan dunia atau World Heath Organization (WHO) menyebut agar warga dunia tak perlu panik. Pasalnya angka kematian akibat Covid-19 itu terbilang rendah.

Sebagaimana diwartakan Pikiran Rakyat, pada pekan lalu WHO mengeluarkan pernyataan bahwa persentase kematian di Wuhan China berkisar antara 2% – 4% saja. Sementara kematian pasien corona di luar Wuhan hanya mencapai angka 0,7%.

Selain itu otoritas WHO mengklaim tingkat mortalitas (kematian) akibat corona terbilang rendah yakni 3,4%. Angka itu masih jauh lebih rendah bila dibandingkan dengan kematian akibat wabah MERS atau SARS yang mencapai 15%.

Per tanggal 4 Maret 2020, data pemetaan kasus corona dunia dari John Hopkins Whiting School of Engieering Center for System Science and Engineering (CSSE) mengungkap terdapat 93.160 pasien corona di seluruh dunia.

Baca juga  Daftar 12 Negara yang Terapkan Lockdown, No 3 Tak Ada Kasus Corona

Dari jumlah tersebut sebanyak 3.198 pasien atau sekitar 3,4% -nya meninggal dunia. Data tersebut sesuai dengan pernyataan yang dilontarkan Dirjen WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus. Menurut Ghebreyesus mortalitas akibat corona masih rendah dibanding virus lainnya yang pernah mewabah di dunia.

Data CSSE juga menyebutkan bahwa lebih dari separuh atau tak kurang dari 55% pasien corona dinyatakan sembuh total. Dari 93.160 pengidap corona di seluruh dunia, yang sudah sembuh total lebih dari separuhnya yakni mencapai 50.690 orang.

Selain itu angka kesembuhan juga diduga lebih besar. Pasalnya tidak semua pasien corona yang sembuh melaporkan kondisinya ke petugas medis.

Warga dunia dihimbau tidak panik namun tetap waspada. Menjaga pola hidup sehat dan kebersihan dianjurkan untuk menghalau penyebaran virus tersebut.

Baca juga  4 Fakta Tentang Transgender yang Tak Banyak Diketahui
(Visited 4 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.