Thu. Oct 29th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Keris Diponegoro Ditemukan Setelah Ratusan Tahun Hilang, Begini Kisah Menarik di Baliknya!

2 min read
Keris Diponegoro Ditemukan Setelah Ratusan Tahun Hilang, Begini Kisah Menarik di Baliknya!
Sharing is Caring

Setelah pencarian ratusan tahun lamanya, Keris Kiai Nogo Siluman milik Pangeran Diponegoro akhirnya kembali ke tanah air. Benda pusaka kekayaan nusantara tersebut resmi diserahkan pemeritah Belanda kepada Museum Nasional Indonesia pada Kamis (5/3/2020) kemarin.

Dilansir Historia, ada sejarah panjang terkait ditemukannya keris Diponegoro tersebut. Kiai Nogo Siluman sempat tak teridentifikasi keberadaannya pasca Koninklijk Kabinet van Zeldzaamheden (KKZ) atau Koleksi Langka Kerajaan dibubarkan.

Penelusuran Nogo Siluman kembali dimulai pada tahun 1984 yang diprakarsai oleh Peter Pott, seorang kurator Museum Volkenkunde Belanda. Akan tetapi, penelitian dan penelusuran Pott mengalami kebuntun sehingga pencarian kembali dilakukan Johanna Leigjfeldt dan Tom Quist.

Baca juga  Foto Editan Zaman Dulu Yang Berhasil Mengelabui Banyak Orang

Leigjfeldt dan Quist kemudian menemukan tiga referensi terkait identifikasi keris Kiai Nogo Siluman yang otentik. Referensi tersebut yaitu surat dari Sentot Prawirodirjo, seorang mantan perwira perang Diponegoro. Kemudian keterangan dari Kolonel Jan-Baptist Cleerens yang membawa keris tersebut dan referensi dari pelukis Raden Saleh yang mendeskripsikan bentuk keris tersebut.

Otentisitas keris berdasarkan bukti tersebut kemudian dikonfirmasi oleh Ketua Departemen Sejarah Universitas Gadjah Mada, Sri Margana. Margana yang tergabung dalam tim ahli dari Indonesia datang langsung ke Belanda untuk memastikan keaslian keris tersebut pada 24 Februari lalu.

Singkat cerita, pusaka Pangeran Diponegoro yang ditemukan di Museum Volkenkunde, Leiden, Belanda akhirnya diserahkan kepada pemerintah Indonesia. Penyerahan keris dilakukan langsung oleh Duta Besar Indonesia untuk Belanda I Gusti Agung Wesaka Puja.

Baca juga  4 Penyembuh Legendaris yang Mengubah Jalannya Sejarah

Semoga hari ini menjadi berkat bagi kita semua. Karena hari ini merupakan momentum yang bersejarah dengan kembalinya keris Pangeran Diponegoro sejak keluar dari tanah air kita 150 tahun lalu,” ujar Dubes Puja.

Keris Nogo Siluman berbahan dasar besi hitam dengan ukiran berwarna emas. Dinamakan Nogo Siluman karena memang terdapat wujud naga yang memanjang di sekujur bilah keris. Tubuh naga ini dulunya dilapisi emas murni namun sekarang hanya beberapa bagian saja yang masih berlapis emas

(Visited 40 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.