Wed. Dec 2nd, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Tidak Hanya VAR yang Membantu Piala Dunia 2018, Ini Beberapa Sistem Selain VAR!

2 min read
Tidak Hanya VAR yang Membantu Piala Dunia 2018, Ini Beberapa Sistem Selain VAR!
Sharing is Caring

Meskipun telah usai dua tahun lalu, Piala Dunia 2018 masih saja menarik untuk diperbincangkan. Tidak hanya para pemain dan negara yang berkompetisi saja yang menarik untuk dibicarakan, tapi sistem yang membantu perhelatan tersebut pun menarik untuk dibicarakan. Seperti layaknya VAR yang mengambil perhatian banyak orang. VAR atau bisa disebut juga asisten wasit adalah sistem yang diperuntukkan membantu wasit di lapangan.

Akan tetapi, tidak hanya VAR yang mengambil andil Piala Dunia tersebut, masih ada beberapa sistem baru yang digunakan dalam Piala Dunia 2018. Sistem-sistem tersebut seperti Electronic Performance and Tracking System (EPTS), Ultra High Definition Video (UHD), Virtual Reality (VR) dan terakhir ada 5G. Diungkapkan oleh seorang pengamat IT, Heru Sutadi, VAR sendiri ternyata telah digunakan di beberapa pertandingan olahraga, tidak hanya sepak bola, seperti Kriket dan Tenis.

Baca juga  Kartun Lucu: Disaat Ronaldo Sibuk Dengan Dandanan Barunya, Dybala Rebut Posisinya!

Ada lagi tadi disebutkan EPTS, ini merupakan sistem yang berbasis tablet, untuk membantu pelatih menunjukkan hasil real-time ke statistik pemain dan rekaman video yang nantinya bisa membuat pelatih dan staf lebih akurat dalam membuat target latihan yang diinginkan. Piala Dunia Rusia ini juga menguji teknologi UHD dan VR. Perusahaan media juga menawarkan sejumlah terbatas feed UHD online seperti iPlayer BBC, yang juga menampilkan liputan VR pada BBC Sport VR – FIFA World Cup Russia 2018 app.

Piala Dunia 2018 juga ingin ikut andil dalam pengembangan 5G. Seperti contohnya perusahaan telekomunikasi Swedia Ericsson bermitra dengan perusahaan telekomunikasi Rusia, MTS, untuk menyebarkan teknologi Multi-Input Multi-Output (MIMO) Massive Multiple-Input 5G ke dalam jaringan MTS di tujuh dari 11 kota turnamen.

Baca juga  Ini 7 Bintang Lapangan Hijau Yang Bergelar Sarjana, No 1 Kok Bisa Ya?

Ini termasuk cakupan di stadion pilih, zona penonton, transportasi hot spot, dan beberapa landmark kota termasuk Lapangan Merah dan Jalan Tverskaya di Moskow

(Visited 2 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.