Mon. Sep 21st, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Inilah Pertandingan dengan Gol Bunuh Diri Terbanyak Sepanjang Sejarah, Lebih dari 100!

2 min read
Sharing is Caring

Kira-kira, gol terbanyak yang tercipta dalam sebuah pertandingan tercetak hingga berapa gol ? 5-0 ? 7-0 ? 8-2 ? Kalau begitu, masih kalah dengan laga yang satu ini. Laga yang mempertemukan antara AS Adema dengan Stade Olympique de l’Emyrne (SOE) berakhir dengan skor yang sangat fantastis, yaitu 149-0 dengan kemenangan bagi AS Adema. Peristiwa tersebut terjadi dalam laga play-off Liga Madagaskar, 31 Oktober 2002.

Adema yang kala itu menjamu SOE di Stadion Municipal de Mahamasima, Antananarivo berhasil memenangkan pertandingan dengan skor yang luar biasa telak, yakni 149-0. Hebatnya lagi, tak satupun pemain Adema mencetak gol. Lantas, bagaimana hal ini bisa terjadi ?

Jadi, gol yang berjumlah 149 itu benar-benar dicetak oleh pemain SOE sendiri. Laga ini tidak hanya menjadi laga dengan jumlah gol terbanyak, akan tetapi laga dengan jumlah gol bunuh diri terbanyak juga. Usut punya usut, SOE ternyata tidak tanpa alasan melakukan hal itu. Hal tersebut mereka lakukan sebagai bentuk protes kepada operator Liga Madagaskar dan wasit. Masalahnya, sebelum laga kontra Adema, SOE merasa dicurangi ketika berlaga dengan DSA Antananarivo. Padahal, laga tersebut adalah laga yang menentukan SOE untuk bersaing dengan Adema di ranah tangga juara liga Madagaskar.

Baca juga  Hanya Tahu Tiki-Taka Saja ? Inilah 9 Strategi Populer dan Efektif dalam Dunia Sepak Bola!

Di laga tersebut, SOE sudah unggul 2-1 atas DSA hingga menit-menit akhir, sebelum akhirnya wasit secara kontroversial memberikan penalti kepada DSA. Laga pun berakhir imbang 2-2, yang membuat Adema memastikan jadi juara Liga Madagaskar. Melihat hal itu, kubu SOE protes keras kepada wasit, namun tak digubris. Alhasil, mereka melakukan aksi teatrikal di lapangan dengan mencetak gol bunuh diri terbanyak di lapangan.

Sesaat setelah kick-off, SOE langsung mengumpan bola ke belakang dan menendang bola ke arah gawang sendiri, hingga akhirnya gol. Hal tersebut mereka lakukan ketika bola berada di titik kick-off dan sebanyak 149 kali. Wasit dan pemain Adema pun tidak bisa berbuat apa-apa, mereka hanya berdiam diri dalam 2×45 menit pertandingan.

Baca juga  Beri Ancaman, Man City Janjikan Liverpool Persaingan Gelar Juara Hingga Titik Terakhir

Penonton pun merasa dilecehkan dengan peristiwa tersebut. Seusai laga, mereka pun datang ke loket pembelian tiket, dan meminta uang mereka dikembalikan. Tidak hanya penonton, Federasi Sepak Bola Madagaskar (FMF) pun menjatuhkan hukuman yang berat bagi beberapa pihak SOE. Zaka Be, pelatih SOE mendapatkan sanksi skors selama tiga tahun. Lalu, empat pemain SOE, yakni kiper Rakotonandrasana, kapten Manitranirina Andrianiaina, Nicolas Rakotoarimanana, dan Mamisoa Razafindrakoto, yang merupakan kapten timnas Madagaskar diskors hingga akhir musim.

Selain itu, para pemain pun mendapat teguran yang keras, apabila melakukan lagi hal yang serupa, mereja akan disanksi dengan hukuman yang berat, sedangkan wasit selamat.

Oleh The Guinness Book of Records, laga ini dicatat sebagai pertandingan sepak bola dengan skor terbesar sepanjang sejarah. Skor 149-0 ini melewati rekor sebelumnya, saat Arbroath mengalahkan Bon Accord 36-0 di Piala Skotlandia, 12 September 1885.

Baca juga  Kekayaan Bukanlah Segalanya, Ini Dia 5 Pesepak Bola Paling Dermawan, Idola!
(Visited 2 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.