Fri. Sep 25th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Kira-kira Mengapa Sepak Bola Berdurasi 90 Menit ya ? Ternyata Ini Alasannya!

2 min read
Sharing is Caring

Siapa yang tidak mengetahui olahraga yang satu ini ? Sepak bola adalah olahraga yang paling populer saat ini. Banyak sekali hal menarik yang bisa kita dapatkan dan rasakan dalam olahraga yang satu ini. Sepak bola profesional berdurasi 90 menit dua babak, dimana setiap satu babak berdurasi 45 menit. Lantas, apa alasan dibalik durasi 90 menit ini ?

Sepak bola ternyata sudah ada sejak zaman Yunani Kuno, sudah sangat lama bukan ? Namun, mengenai segala aturannya, baru ditetapkan di kemudian hari. Cikal bakal peraturan sepak bola dibentuk oleh salah satu universitas di Inggris dan dibuat menjadi sebuah buku. Buku yang berisi segudang peraturan sepak bola tersebut dibuat oleh salah satu universitas di Cambridge. Lalu, beberapa tahun kemudian, salah satu universitas di Sheffield melakukan sebuah revisi terhadap buku tersebut. Hasil revisi Sheffield tersebut, menyatakan bahwa pertandingan sepak bola berdurasi 4 jam lamanya, yang dimana setiap satu babaknya berdurasi 2 jam, dan setiap tim yang berlaga harus memiliki 20 pemain di lapangan.

Baca juga  Napoli Imbang 1-1, Valencia Menang 4-1, Inilah Hasil Liga Champions Terbaru

Pada tahun 1868 badan Federasi Sepakbola Inggris (FA), mengubah kembali peraturan yang telah dibuat tersebut. Dari total empat jam permainan, FA memangkasnya menjadi 90 menit saja dengan waktu perpanjangan waktu 30 menit, masing-masing babak 15 menit. Sebagai tambahan, jumlah pemain juga diganti menjadi 11 pemain saja.

Alasan perubahan durasi ini tentu saja sudah jelas agar para penonton tidak jenuh dengan pertandingan yang digelar, lalu para pemain pun tidak kecapaian dan meminimalisir kemungkinan cedera. Waktu 90 menit dirasa sebagai waktu ideal, dimana tiap babak diadakan selama 45 menit. Peraturan yang dibentuk di Sheffield tersebut menjadi cikal bakal peraturan yang digunakan oleh sepakbola. Sementara peraturan yang direvisi oleh FA, hingga kini digunakan oleh banyak liga di setiap pertandingan.

Baca juga  Sudah Kaya dan Sukses, 5 Bintang Hollywood Ini juga Sangat Dermawan
(Visited 7 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.