Thu. Aug 13th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Penerapan NDT Pada Audit Forensik Konstruksi

1 min read
Penerapan NDT Pada Audit Forensik Konstruksi
Sharing is Caring

Dalam dunia teknik sipil NDT biasanya digunakan untuk beberapa fungsi diantaranya:

Dalam pelaksanaan konstruksi (tahapan konstruksi) NDT dilakukan sebagai rujukan ketika hasil kuat tekan beton di lab. tidak memenuhi syarat SNI 03-2847-2002 atau peraturan beton bertulang Indonesia tahun 1971. Rujukan dari SNI yaitu pengujian palu beton terhadap struktur aktual dengan hasil pengujian dianggap memenuhi apabila min.80% f’c yang disyaratkan.

Estimasi kapasitas struktur aktual di lapangan seperti kapasitas bangunan lama/heritage, kapasitas bangunan terhadap rencana retroviting bangunan, kapasitas struktur terhadap rencana perubahan fungsi bangunan dan lainnya.

Sebagai langkah dari perawatan dan perbaikan bangunan atau infrastruktur yaitu pengecekan kondisi struktur aktual di lapangan seperti perawatan jembatan : pengecekan laju korositas baja, retak dan lain-lain.

Baca juga  6 Jenis Ular Paling Mematikan di Dunia

Untuk kepentingan lainnya seperti mendeteksi kerusakan, menilai tingkat kerusakan dan lain-lain terutama yang berhubungan dengan penilaian batas toleransi kerusakan suatu struktur.

Pada umumnya beton bertulang memiliki umur yang berkaitan dengan depresiasi struktur (penurunan kualitas struktur) dalam jangka waktu tertentu sehingga pengujian pada saat konstruksi dan pada bangunan eksisting yang sudah jadi sangatlah berbeda, perbedaan yang mencolok dari pengujian terhadap gedung eksisting yang sudah berumur lama yaitu permasalahan akan faktor depresiasi bangunan atau kapasitas layan bangunan eksisting yang mengalami penurunan.

Mutu. Berdasarkan PBI hal.34 umur beton normal bisa mencapai hingga 135% pada saat umur 1 tahun. Tabel 1 : Perbandingan kuat tekan beton

Baca juga  Orang Indonesia Lucu-lucu, 10 Pengguna Jalan Ini Buktinya
(Visited 22 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.