Thu. Dec 3rd, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Taman Bacanya Sepi, Suparman Harapkan Sule Beli Koleksi Bukunya, Ada yang Bisa Pertemukan?

2 min read
Sharing is Caring

Disrupsi digital tak dipungkiri telah merambah ke segala bidang. Tak terkecuali bisnis jual beli atau penyewaan buku. Warga kini lebih berminat mengakses informasi dari smartphone ketimbang membaca langsung dari buku fisik.

Imbas perkembangan teknologi itu dirasakan betul oleh pria asal Cimahi Jawa Barat ini. Selama puluhan tahun merintis usaha penyewaan buku, ia akhirnya menyerah. Ia pasrah dengan minat baca masyarakat yang makin rendah.

Sebagaimana diwartakan Pikiran Rakyat, Suparman Siswodiharjo (70) memutuskan untuk melelang 20.000 buku koleksinya. Buku-buku itu berasal dari taman baca Garuda yang ia dirikan sejak tahun 1982 lalu. Selama puluhan tahun ia setia meliterasi masyarakat sambil menggantungkan hidup dari taman baca tersebut.

Baca juga  Sudah Tak Laku atau Cari Tambahan? 7 Artis ini Banting Setir jadi Youtuber

Suparman mengenang, dulu pada rentang tahun 1990-2010 merupakan era keemasan bisnis penyewaan buku. Saat itu para pengunjung harus rela antre untuk dapat masuk ke taman baca karena tempatnya yang sempit. Bahkan banyak bermunculan taman bacaan baru seiring prospektifnya usaha tersebut.

Suparman menyewakan komik dengan biaya 10% dari harga buku. Sedangkan sewa novel dibanderol 20% dari harga asli buku. Di era kejayaannya Suparman bahkan sampai hunting buku-buku baru hingga ke Jakarta dan Yogyakarta.

Namun kini cerita itu tinggal kenangan indah. Menurutnya sekarang ada pengunjung seminggu sekali saja pun sudah bagus. Suparman tak kuat lagi dan akhirnya menyerah. Ia berencana melelang seluruh koleksi bukunya seharga Rp 75 juta. Uang itu nantinya akan ia gunakan untuk bisnis sembako.

Baca juga  Sulli dan Hara Meninggal Dunia, Warga Korsel Suarakan UU Anti Komentar Jahat

Kalau ada orang yang berhasil, apalagi warga Cimahi misalkan Sule agar membeli buku ini,” katanya seperti dikutip Pikiran Rakyat (25/2/2020).

Selain berharap kepada Sule, keinginannya itu diutarakan juga kepada setiap pelanggan yang datang. Walau berat keputusan untuk melepas semua buku miliknya sudah bulat. Suparman mengatakan harga Rp 75 juta jika dirata-ratakan dengan jumlah koleksinya maka setara dengan Rp 4.000 saja per buku.

(Visited 46 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.