Mon. Jul 6th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Mahathir Mundur dari Jabatan Perdana Menteri, Diduga Karena Dinamika Politik

1 min read
Sharing is Caring

Kabar mengejutkan datang dari negeri jiran Malaysia. Mahathir Mohammad yang ditahbiskan sebagai perdana menteri tertua di dunia dilaporkan mengundurkan diri dari jabatannya.

Dilansir BBC Indonesia, Mahathir mengatakan bahwa dirinya sudah menyerahkan surat pengunduran diri sebagai Perdana Menteri Malaysia. Hal itu ia kemukakan lewat cuitannya di Twitter sekitar pukul 13.15 WIB.

Dalam surat yang dilampirkannya, Mahathir yang selama beberapa dekade mendominasi politik Malaysia tersebut telah menyerahkan surat itu kepada Raja Malaysia.

Sontak keputusan tersebut mengagetkan banyak pihak. Pasalnya Mahathir (94 tahun) dan partai-partai koalisinya telah berkuasa cukup lama. Seperti diketahui, ia menjabat perdana menteri untuk kedua kalinya pada Mei 2018 setelah kemenangan besar koalisi Pakatan Harapan yang mengakhiri dominasi koalisi Barisan Nasional.

Baca juga  Permadi: DKI Banjir Lagi, Kita Ucapkan Selamat Buat Anies! Demokrat Langsung Bilang Begini

Mahathir sendiri pernah menjabat Perdana Menteri Malaysia dari 1981 hingga 2003 dari Barisan Nasional yang dipimpin partai UMNO. Partai tersebut bahkan telah berkuasa sekitar 60 tahun lamanya.

Saat itu Mahathir dan partai-partai pengusungnya berhasil menggulingkan Perdana Menteri (PM) Najib Razak yang tengah terjerat skandal keuangan badan investasi milik negara. Mahathir juga membuat keputusan mengejutkan dengan memperbarui hubungan dengan rival politiknya, Anwar Ibrahim.

Belum diketahui secara pasti penyebab mundurnya Mahathir dari jabatan perdana menteri. Namun menurut sumber yang sama, keputusan itu dibuat menyusul dinamika politik di Malaysia tentang rencana partainya untuk membentuk pemerintahan baru tanpa melibatkan Anwar Ibrahim.

(Visited 1 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.