Thu. Oct 29th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Hanya Tahu Tiki-Taka Saja ? Inilah 9 Strategi Populer dan Efektif dalam Dunia Sepak Bola!

3 min read
Sharing is Caring

Kebanyakan orang hanya mengenal tiki-taka sebagai formasi yang ampuh dan efektif dalam pertandingan sepak bola. Akan tetapi, masih ada strategi lainnya di dunia sepak bola. Apa saja strategi itu ? Langsung aja, check this out!

1. Verrou

Dalam bahasa Prancis, Verrou berarti rantai. Jika diimplementasikan dalam permainan sepak bola berarti sebuah strategi dimana ketebalan pertahanan layaknya rantai yang berlapis. Strategi ini biasanya digunakan oleh tim yang banyak pemain defensive nya.

Karl Rappsen, yang merupakan pencetus gaya permainan ini beranggapan bahwa kunci kesuksesan dalam sebuah pertandingan berangkat dari kokohnya pertahanan sebuah tim. Strategi ini mulai populer pada tahun 1950.

2. Kick and Rush

Dilihat dari namanya, strategi yang satu ini berasal dari bahasa Inggris, yang artinya tendang dan serbu. Strategi ini memerlukan kekuatan dan kecepatan. Orang yang pertama menerapkan gaya bermain ini adalah Charles Reep. Biasanya, gaya permainan ini mengandalkan umpan-umpan silang dari sektor sayap. Gaya bermain seperti ini lah yang digunakan para klub Liga Inggris.

Baca juga  Di Iran Wanita Tidak Boleh Menonton Sepak Bola ke Stadion ? Ini Alasannya!

3. Catenaccio

Catenaccio sendiri berasal dari bahasa Italia yang berarti berendel (kunci pintu yang terbuat dari logam, yang cara membukanya dengan digeser ke kanan atau ke kiri). Gaya permainan ini muncul dari pemikiran dua orang Italia dan Argentina, Nereo Rocco dan Franco Helenio Herrera. Catenaccio ini adalah gaya bermain yang mengandalkan sistem man to man marking dan ada pemain yang menjadi seorang libero.

4. Jogo Bonito

Jogo Bonito berasal dari bahasa Portugis yang artinya permainan cantik. Gaya permainan Jogo Bonito identik dengan karakter permainan Timnas Brasil. Dalam gaya permainan seperti ini, para pemain lebih banyak melakukan pergerakan lincah seperti menari-nari di lapangan untuk mengelabui lawan. Jogo Bonito juga sudah menjadi kebiasaan orang Brasil dalam bermain sepak bola.

Jogo Bonito mulai tenar pada tahun 1950-an dengan ditandai kesuksesan Brasil menjuarai Piala Dunia 1958 dengan mengalahkan Swedia 5-2.

Baca juga  Gagal Kudeta Puncak Klasemen, Sergio Ramos Sesali Hasil Imbang Kontra Real Betis

5. Total Football

Gaya permainan yang satu ini sudah identik dengan tim-tim asal Belanda, seperti Ajax Amsterdam, PSV Eindhoven dan masih banyak lagi. Taktik ini mengharuskan para pemain bertahan membantu para penyerang, begitupun sebaliknya. Rinus Michel adalah orang dibalik terciptanya strategi ini.

6. Tiki-Taka

Saat masih menjadi pelatih Barcelona tahun 1988, Johan Cruyff memperkenalkan taktik baru bernama Tiki-taka. Taktik seperti ini mengandalkan umpan-umpan pendek dengan pergerakan yang dinamis. Para pemain harus memindahkan bola melalui beragam cara, serta mempertahankan penguasaan bola.

Seiring berjalannya waktu, Louis van Gaal dan Frank Rijkaard yang pernah melatih Barcelona memodifikasi Tiki-taka. Hingga saat ini, strategi tersebut sangat kental dengan Los Blaugrana (sebutan Barcelona).

7. Body Crash Football

Melihat namanya saja pasti sudah terbayang bahwa strategi yang satu ini membutuhkan kekuatan fisik yang begitu kuat. Dalam gaya permainan seperti ini, tidak jarang kalau pemain bakal mempertahankan bola menggunakan tubuhnya. Biasanya, Body Crash Football menjadi gaya permainan andalan tim asal Afrika, Denmark, Swedia dan Norwegia.

Baca juga  10 Momen Tak Terlupakan Di Dunia Sepakbola Dalam Satu Dekade Terakhir

8. Parkir Bus

Strategi yang satu ini bisa dikatakan sebagai strategi yang mampu menjadi lawan dari Tiki-Taka. Strategi yang satu ini mengharuskan 9 pemain berada di kotak penalti. Karena hal itulah, strategi ini disebut strategi ‘Parkir Bus’. Strategi ini berasal dari pemikiran Roberto Di Matteo (pelatih Jenius Chelsea) yang geram akan Tiki-Taka.

9. Tango

Dari namanya saja sudah jelas bukan, bahwa strategi ini merujuk pada sebuah negara yang bernama Argentina. Gaya seperti ini mengandalkan skill individu pemain dengan dipadukan kerja sama tim. Jika diperhatikan, Tango mirip dengan gaya permainan Jogo Bonito milik Brasil.

Tapi ada perbedaannya, jika Jogo Bonito lebih memanfaatkan kelincahan tubuh, maka Tango mengandalkan kelincahan serta kecepatan kaki pemainnya. Beberapa pemain yang sering menggunakan gaya permainan Tango adalah Diego Maradona, Lionel Messi hingga Sergio Aguero.

(Visited 11 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.