Wed. Jul 8th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Cerita Di Balik Ratusan Siswa Sleman yang Hanyut: Hujan Terus Mengguyur dan Sangat Gelap

2 min read
Sharing is Caring

Ratusan siswa SMP di Sleman yang hanyut terbawa sungai menyita perhatian publik. Betapa tidak, para siswa yang masih duduk di bangku kelas VII dan VIII itu mengikuti kegiatan susur sungai di tengah musim hujan lebat yang terjadi belakangan ini.

Hingga artikel ini ditulis dilaporkan 5 siswa meninggal dunia dan 6 lainnya masih hilang. Sebagaimana dikutip Pikiran Rakyat, para siswa itu berasal dari SMP Negeri 1 Turi yang hanyut terbawa derasnya aliran sungai Sempor di Dusun Dukuh Desa Donokerto Kabupaten Sleman, Yogyakarta pada Jumat (21/2/2020).

250 siswa itu tersapu air bah dari sungai Sempor saat mengikuti kegiatan Pramuka susur sungai. Peristiwa itu terjadi diduga karena para pembina siswa tak paham jika di hulu sungai sedang turun hujan lebat.

Baca juga  Mengapa Bahasa Inggris Menjadi Bahasa Internasional? Begini Sejarahnya!

Kabid Humas Polda DI Yogyakarta Kombes Yulianto mengatakan, polisi sudah mengerahkan Tim SAR dari Sabhara Polda DIY, polres, polsek, hingga SAR Polairud untuk mengevakuasi para korban. Yulianto menyebutkan hingga pukul 19.00 jumlah korban tewas dipastikan 5 orang siswa.

Sementara itu Kepala Basarnas Yogyakarta Wahyu Efendi menuturkan, pencarian sampai saat ini masih terus dilakukan di sepanjang aliran sungai Sempor. Wahyu mengaku pihaknya mengalami kendala karena kondisi yang gelap dan hujan deras yang terus mengguyur lokasi tersebut.

Kondisi sudah malam dan sangat gelap. Kami harus menggunakan lampu untuk mencari para korban lainnya,” ujar kepala pelaksana BPBD Sleman Joko Supriyanto di lokasi kejadian seperti dikutip Pikiran Rakyat (22/2/2020).

Baca juga  5 Gaya Hidup Orang India Yang Patut Kita Tiru

Karena kendala tersebut tim gabungan pencari korban memerlukan beberapa tambahan lampu penerangan. Lampu sorot dibutuhkan untuk menerangi area DAM Sungai Sempor. Pencarian tersebut dipantau langsung oleh Bupati Sleman Sri Purnomo.

(Visited 7 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.