Wed. Dec 2nd, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

250 Siswa Hanyut dan 5 Meninggal, Pakar: Anak-anak Jangan Sembarangan Susur Sungai!

1 min read
Sharing is Caring

Ratusan siswa SMP di Sleman hanyut terbawa sungai Sempor. 5 siswa diantaranya dilaporkan meninggal dunia. Mereka hanyut saat mengikuti kegiatan Pramuka susur sungai pada Jumat (21/2/2020).

Dikutip Pikiran Rakyat, para siswa itu berasal dari SMP Negeri 1 Turi yang hanyut terbawa derasnya aliran sungai Sempor di Dusun Dukuh Desa Donokerto Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Siswa yang mengikuti kegiatan susur sungai dari kelas VII dan kelas VIII.

Susur sungai terlebih lagi dilakukan saat musim penghujan merupakan kegiatan yang amat membahayakan. Selain licin aliran sungai bisa sewaktu-waktu menjadi bah yang menerjang apa saja. Hal itu dikarenakan hujan deras yang terjadi di hulu sungai.

Baca juga  5 Tempat Terlarang di Dunia Meskipun Berada di Keramaian

Pakar sumber daya air dan sungai Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM) Agus Sumaryono mengatakan, sungai kecil sekalipun tetap berbahaya karena debit air dapat meluap tiba-tiba. Terlebih lagi kegiatan tersebut dilakukan oleh anak-anak dan remaja.

Apalagi itu dilakukan saat musim hujan dan di daerah pegunungan debit air bisa tiba-tiba meningkat. Anak-anak, remaja, dan yang tidak berpengalaman ya jangan susur sungai sembarangan,” ujarnya seperti dikutip Pikiran Rakyat (22/2/2020).

Menurut Agus, susur sungai harus dilakukan oleh orang dewasa dan terlatih. Orang dewasa yang dimaksud adalah personil TNI, Polri, mapala, pemuda desa yang sudah berpengalaman, dan para pegiat komunitas sungai. Susur sungai untuk anak di bawah umur sangat tidak disarankan.

Baca juga  10 Ramalan Nostradamus yang Sudah Terbukti Nyata!
(Visited 5 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.