Fri. Sep 25th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Sudjiwo Tedjo Setuju Agama Musuh Pancasila, Begini Alasannya

1 min read
Sudjiwo Tedjo Setuju Agama Musuh Pancasila, Begini Alasannya
Sharing is Caring

Kepala Badan Pebinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi membuat kontroversi dengan menyatakan agama sebagai musuh Pancasila. Pernyataan ini sontak menjadi polemik.

Banyak pihak kemudian menuntut agar BPIP dibubarkan karena justru dianggap menyelewengkan nilai-nilai Pancasila. Salah satunya diungkapkan anggota DPR dari Gerindra, Fadli Zon.

“Lembaga ini memang layak dibubarkan, selain membuat kegaduhan nasional juga berpotensi menyelewengkan nilai-nilai Pancasila itu sendiri,” ujar Fadli Zon.

Berbeda dengan mantan wakil ketua DPR tersebut, Seniman Sudjiwo Tedjo justru setuju dengan pendapat Yudian Wahyudi bahwa agama merupakan musuh Pancasila. Alasannya, agama telah menyatu dengan Pancasila.

Dengan memakai logika musuh terbesar adalah diri sendiri, maka disimpulkan musuh terbesar Pancasila adalah diri sendiri, termasuk agama yang sudah menyatu dengan Pancasila tersebut.

Baca juga  Dianggap Bersekutu dengan Jokowi, Prabowo Tak Diundang di Ijtimak Ulama IV

“Apa salahnya musuh terbesar Pancasila adalah agama? Karena, agama sudah menyatu dengan Pancasila. Masalahnya di mana? Ini perang besar, tapi ada yang lebih besar, memerangi dirimu sendiri,” papar Sudjiwo Tedjo.

(Visited 7 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.