Fri. Sep 25th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Akhirnya DPR RI Jawab Usulan FPI Yang Minta Pelaku Korupsi Dihukum Potong Tangan & Leher!

1 min read
Akhirnya DPR RI Jawab Usulan FPI Yang Minta Pelaku Korupsi Dihukum Potong Tangan & Leher!
Sharing is Caring

Ketua Umum FPI, Sobri Lubis mengusulkan kepada DPR RI supaya membentuk Undang-Undang pemberantasan korupsi. Sobri ingin Undang-Undang itu memuat hukuman potong tangan hingga leher untuk pelaku korupsi.

“Kita ramai-ramai ngusulin ke DPR buat Undang-Undang pemberantasan korupsi. Hukumnya korupsi Rp 1 miliar ke atas potong leher, Rp 1 miliar ke bawah potong tangan,” kata Sobri.

DPR RI bersuara

Wakil Ketua Badan Legislatif (Baleg) DPR RI, Achmad Baidowi (alias Awiek) menyatakan hukuman potong tangan dan leher bagi pelaku korupsi tidak sejalan dengan nilai-nilai Pancasila. Hukuman itu, lanjut Awiek, juga termasuk pelanggaran HAM.

“Indonesia itu negara hukum yang berlandaskan Pancasila. Usulan tersebut tak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, khususnya sila kedua. Selain itu (juga) melanggar HAM,” kata Awiek.

Baca juga  Izinnya Sedang Diurungkan Kemendagri, FPI Kok Malah Bikin Ulah Lagi

Menurut Awiek, ada banyak jenis hukuman yang bisa menimbulkan efek jera bagi pelaku korupsi. Dia menyebut pelaku kejahatan juga bisa bertobat sebagaimana manusia lainnya.

“Toh hukuman bagi koruptor banyak variannya untuk menimbulkan efek jera. Misal, memiskinkan koruptor agar menimbulkan efek jera. Toh manusia juga bisa bertobat setelah menjalani hukuman,” tegas Awiek

(Visited 4 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.