Sat. Aug 8th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Ridwan Saidi: Bangunan Di Batujaya Itu Bukan Candi! Bupati Karawang Langsung Tantang Gini

1 min read
Ridwan Saidi: Bangunan Di Batujaya Itu Bukan Candi! Bupati Karawang Langsung Tantang Gini
Sharing is Caring

Budayawan Betawi, Ridwan Saidi menyebut bangunan di situs Batujaya, Karawang yang dikenal masyarakat sebagai candi Jiwa itu bukanlah ‘candi’. Sebab, kata Ridwan Saidi, situs Batujaya tidak memiliki satupun candi.

“(Bangunan) di situs Batujaya itu bukan candi. Kalau kita bicara dengan penduduk, penduduk mengatakan itu unur (tanah) tinggi, bukan candi,” kata Ridwan Saidi.

Bupati Kawarang bersuara

Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana menantang Ridwan Saidi membuktikan pernyataannya yang menyebut situs Batujaya tak memiliki candi. Cellica juga meminta masyarakat Karawang tak menggubris pernyataan budayawan Betawi itu.

“Kalau pandangan beliau (Ridwan Saidi) tak ada candi, buktikan secara ilmiah. Kepada masyarakat tidak usah menanggapi opini salah satu Budayawan itu,” kata Cellica.

Baca juga  Survei: Apakah Anda Suka Atau Gak Suka Dengan Gerakan 212? Tak Diduga, Mayoritas Jawab Ini

Cellica menyebut pernyataan Ridwan Saidi membuat masyarakat gaduh. Sebab, lanjut dia, para arkeolog memastikan bahwa ada candi di situs Batujaya.

“Pernyataan semacam itu selain bertentangan dengan kesepakatan para arkeolog, juga berpotensi membuat masyarakat ricuh. Beliau (Ridwan Saidi) harus buktikan secara ilmiah, jangan sampai ricuh seperti di Galuh,” tegas Cellica,

(Visited 7 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.