Thu. Jul 2nd, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Utang Menumpuk Sri Mulyani Malah Disebut Berprestasi, Prabowo Pernah Bilang Begini

2 min read
Utang Menumpuk Sri Mulyani Malah Disebut Berprestasi, Prabowo Pernah Bilang Begini
Sharing is Caring

Posisi utang luar negeri (ULN) Indonesia hingga akhir triwulan IV-2019 tercatat sebesar US$ 404,3 miliar atau Rp 5.458 triliun (kurs Rp 13.500). ULN terdiri dari utang sektor publik (pemerintah dan bank sentral) sebesar US$ 202,9 miliar dan utang sektor swasta termasuk BUMN sebesar US$ 201,4 miliar. “ULN Indonesia tersebut tumbuh sebesar 7,7% (yoy), menurun dibandingkan dengan pertumbuhan ULN pada triwulan sebelumnya sebesar 10,4% (yoy). Perkembangan tersebut disebabkan oleh perlambatan pertumbuhan ULN pemerintah dan ULN swasta,” tulis keterangan Bank Indonesia (BI), Senin (17/2/2020).Bila dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, posisi ULN Indonesia tak jauh berbeda.

Namun menariknya, Menteri Keuangan Sri Mulyani baru saja dinobatkan sebagai salah satu menteri paling moncer di Kabinet Indonesia Maju. Sri Mulyani oleh survei Indo Barometer ditempatkan pada posisi nomor dua, di bawah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Baca juga  Ini Pekerjaan Thareq Kemal Habibie Yang Menjadi Sorotan

Dalam rilis Indo Barometer, Minggu (16/2/2020), Prabowo berada di posisi pertama dalam kategori ‘menteri yang kinerjanya bagus’ dengan persentase 26,8%. Prabowo mengungguli Sri Mulyani yang berada di posisi kedua dengan persentase 13,9%. 

Adapun kriteria penilaian publik adalah antara lain, kerja nyata (19,5%), orangnya tegas (18%), sudah berpengalaman (16%), cocok sesuai dengan keahliannya (8,7%), dan orangnya berani (8,6%). Dari penilaian tersebut, Sri Mulyani kalah cukup jauh dari Prabowo.

Sejak sama-sama mengisi kursi menteri di kabinet terbaru Jokowi, keduanya menjadi sorotan lantaran Prabowo dan Sri Mulyani pernah ‘ribut’ soal utang yang semakin menumpuk. Dulu, Prabowo pernah menyebut jangan ada lagi Menteri Keuangan tapi diganti saja menjadi Menteri Pencetak Utang.

Baca juga  Imam Nahrawi Buka Suara Setelah Ditetapkan Sebagai Tersangka

“Kalau menurut saya, jangan disebut lagilah ada Menteri Keuangan, mungkin Menteri Pencetak Utang. Bangga untuk utang, yang suruh bayar orang lain,” ujar Prabowo awal Januari 2019, atau pada saat menjelang Pilpres 2019. Menjawab sindiran itu, Sri Mulyani kemudian membeberkan sederet prestasi pemerintah melalui puisi yang ia unggah di akun Instagramnya. Antara lain, pembangunan jalan ribuan kilometer, pembangunan embung dan waduk, hingga pupuk bersubsidi untuk para petani.

(Visited 2 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.