Thu. Jul 2nd, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Pejabat BPS: Data Pekerjaan Ada yang Jawab Wali Kota dan Gubernur, Sensus Bukan Main-main!

1 min read
Sharing is Caring

Sejak 15 Februari 2020, Badan Pusat Statistik (BPS) melaksanakan sensus penduduk secara daring (online). Data tersebut nantinya akan digunakan pemerintah untuk menyusun kebijakan. Sayangnya, sebagian masyarakat tak bertanggung jawab mengisi data sensus dengan asal-asalan.

Sebagaimana diwartakan Pikiran Rakyat, sebagian masyarakat masih belum serius dalam mengisi data sensus daring. Dari data yang masuk ke BPS, tak sedikit penginput data yang menjawab daftar pertanyaan seenaknya.

Padahal data yang sudah diunggah dalam situs sensus penduduk akan diverifikasi. Jika dalam prosesnya ditemui hal tidak wajar maka data Disdukcapil yang akan digunakan. Akibatnya data tidak mengalami pembaruan.

Ada yang isi data asal-asalan. Misalnya data pekerjaan ada yang jawab jadi wali kota, gubernur. Setelah dicek dengan data dari Kemendagri ternyata berbeda. Harapan kami sebenarnya data sensus ini bisa diisi secara benar,” ujar Kepala BPS Kota Bogor, Bambang Ananto Cahyono seperti dikutip Pikiran Rakyat (18/2/2020).

Baca juga  Kekuatan Super Terbaik yang ada di Anime

Bambang menuturkan sensus penduduk bukan untuk main-main. Pasalnya data tersebut diperlukan sebagai rujukan pemerintah dalam merancang kebijakan yang tepat sasaran. Diharapkan masyarakat mengisi daftar pertanyaan dengan jujur.

Menurut Bambang, sensus mandiri itu diberlakukan karena data registrasi penduduk sudah lebih baik. Teknologi yang makin canggih serta mobilitas masyarakat yang tinggi menjadi alasan sensus daring itu dilaksanakan. Bagi masyarakat yang tidak mengisi data sensus online, petugas BPS akan mendatangi rumah-rumah warga untuk melakukannya secara manual.

(Visited 6 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.