Fri. Sep 25th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

6 Maskot Unik Piala Dunia Ini Ternyata Memiliki Arti Unik yang Banyak Orang Belum Ketahui!

2 min read
Sharing is Caring

Euforia Piala Dunia tak henti-hentinya membuat banyak orang terpukau. Dari mulai pemain yang ikut andil dalam ajang tersebut, negara-negaranya, hingga maskot Piala Dunia itu sendiri membuat banyak orang terkagum sekaligus terheran-heran. Seperti maskot-maskot yang digunakan dalam perhelatan Piala Dunia yang masih belum banyak orang tau tentang arti dan alasan mengapa maskot tersebut digunakan dalam ajang empat tahunan ini. Kira-kira apa ya arti dibalik maskot-maskot tersebut ? Langsung aja, cekidot!

1. World Cup Willie (Inggris 1966)

Ini dia maskot pertama Piala Dunia. World Cup Willie didesain oleh seorang ilustrator buku anak-anak berkebangsaan Inggris, Reg Hoye. Maskot ini berwujud singa jantan yang merupakan simbol tradisional kerajaan Inggris yang dipakaikan jersey bermotif bendera negara tersebut.

Baca juga  Gagal Banding via CAS, Man City Kembali Terancam Diusir dari Champions League

Kepopulerannya membuat World Cup Willie menjadi tokoh utama dalam komik strip berjudul sama karya komikus Bill Titcombe.

2. Gauchito (Argentina 1978)

Desain maskot yang satu ini terinspirasi dari para Gaucho atau penggembala ternak yang berada di Argentina. Hal ini ditandai dengan maskot yang menggunakan topi, syal, dan membawa cambuk, lalu ditambah dengan jersey warna kebanggaan Argentina yaitu strip putih-biru. Nama Gauchito sendiri merupakan turunan kata dari kata Gaucho.

3. Naranjito (Spanyol 1982)

Nama Naranjito diambil dari kata Naranja yang merupakan bahasa Spanyol, dan juga memiliki arti buah jeruk. Desain maskot yang berbentuk buah menjadikan Naranjito adalah maskot pertama yang dibuat bukan berbentuk manusia maupun hewan. Untuk buah jeruk sendiri, di Spanyol sudah menjadi santapan yang umum bagi masyarakat negeri Matador itu. Sehingga, sangat cocok jika buah jeruk yang satu ini dipakaikan jersey tim Spanyol saat itu yang berwarna merah-biru.

Baca juga  Badak Lampung FC 3-0 Madura Utd, PSIS 1-0 PSM, Inilah Klasemen Terbaru Liga 1 Pekan 29

4. Zakumi (Afrika Selatan 2010)

Sebagai maskot, Zakumi ini sangat Afrika Selatan. Dasar modelnya, macan tutul adalah hewan yang umum ditemukan di negara paling selatan benua Afrika ini. Warna hijau dan emas yang digunakan merupakan warna timnas tuan rumah.

Nama Zakumi berasal dari bergabungnya kode negara tersebut, yaitu “ZA” dengan kata kumi yang merupakan padanan beragam bahasa di Afrika untuk angka sepuluh.

5. Fuleco (Brasil 2014)

Melalui Fuleco, Brasil tidak hanya ingin mengampanyekan semangat bermain sepak bola, tetapi juga meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai lingkungan. Hal itu ditunjukkan dengan memilih armadilo three-banded, hewan endemik Brasil yang berada dalam kondisi rentan punah akibat kerusakan lingkungan di negeri Samba itu sebagai maskot.

Baca juga  Barcelona 4-1 Celta Vigo, Eibar 0-4 Real Madrid, Inilah Klasemen Terbaru La Liga Pekan 13

Kata bahasa Portugis futebol (Sepak bola) dan ecologia (Ekologi/lingkungan) digabungkan untuk membentuk nama Fuleco.

6. Zabivaka (Rusia 2018)

Inilah maskot Piala Dunia terbaru, Zabivaka. Maskot ini berbentuk seekor serigala yang sedang memainkan bola menggunakan kacamata sporty dan mengenakan jersey bertuliskan Russia 2018. Kreator Zabivaka, mahasiswi desain grafis Tomsk State University, Yekaterina Bocharova mengatakan terinspirasi dari film kartun produksi Disney ketika menciptakan maskot ini.

(Visited 4 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.