Tue. Oct 20th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Radioaktif Cs 137 di Perumahan Tangsel, Ini Dampaknya pada Manusia jika Terpapar

2 min read
Radioaktif Cs 137 di Perumahan Tangsel, Ini Dampaknya pada Manusia jika Terpapar
Sharing is Caring

Kepala Biro Humas Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) Indra Gunawan mengatakan ada beragam dampak negatif apabila tubuh manusia terpapar radioaktif tinggi dan dalam waktu lama. Namun, efek dari radioaktif tersebut hanya bisa dirasakan dalam jangka panjang. “Bahayanya untuk radiasi ini efeknya stokastik atau efek tunda tidak spontan,” kata dia di Perumahan Batan Tangerang Selatan, Minggu (16/2/2020). Salah satu efek yang paling berbahaya bagi tubuh manusia adalah munculnya penyakit kanker.

Zat Radioaktif di Tangsel Hanya Sebesar Jari Kelingking, tapi Cemari Tanah Radius 10 Meter “Salah satunya adalah penyebab cancer karena (zat radioaktif) terdeposit oleh tubuh,” tutur dia. Tidak hanya itu, efek lainnya adalah organ di dalam tubuh manusia bisa saja tidak berfungsi kembali. Untuk itu, lanjut Indra, akan ada pemeriksaan kesehatan warga yang biasa beraktivitas di lokasi tempat ditemukannya zat radioaktif tersebut.

Baca juga  5 Kota di Dunia yang Disebut Kota Neraka

“Untuk kepentingan warga kami lakukan pendataan ke warga di lokasi terdekat akan dilakukan pemeriksaan tubuh apakah ada kontaminasi dari Cs 137 ini,” kata dia. Adapun sebelumnya, zat radioaktif ditemukan di sebuah perumahan di Tangerang Selatan. Cara Batan Bersihkan Zat Radioaktif di Perumahan Tangerang Selatan Kemunculan radiasi dari zat radioaktif berawal dari uji fungsi Bapeten dengan target area meliputi wilayah Pamulang, Perumahan Dinas Puspiptek, Daerah Muncul dan Kampus ITI, Perumahan Batan Indah, dan Stasiun KA Serpong, pada 30 dan 31 Januari 2020.

Secara umum, nilai paparan radiasi lingkungan pada daerah pemantauan menunjukkan nilai normal (paparan latar). Namun, pada saat dilakukan pemantauan di lingkungan Perumahan Batan Indah, ditemukan kenaikan nilai paparan radiasi di lingkungan area tanah kosong di samping lapangan voli blok J.

Baca juga  5 Zodiak yang Paling Misterius
(Visited 14 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.