Sun. Jul 5th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Terkait Agama Musuh Besar Pancasila, Istana dan Menag Bela Ketua BPIP

1 min read
Terkait Agama Musuh Besar Pancasila, Istana dan Menag Bela Ketua BPIP
Sharing is Caring

Kepala Staf Presiden Moeldoko menilai, pernyataan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D., yang menyebut bahwa agama merupakan musuh besar Pancasila bermaksud menyudutkan pihak atau agama tertentu.”Ya, bisa saja yang memaknainya yang salah. Padahal bukan seperti itu maksudnya,” ujar Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (13/02/2020). Moeldoko meminta semua pihak tak menyalahkan pernyataan Yudian. Ia meyakini Yudian menyampaikan pendapatnya dengan penuh pertimbangan dan pikiran yang jernih.

“Beliau itu intelektual dan agamanya juga tinggi. Jadi mesti kita lihat dengan jernih. Jangan dijustifikasi,” katanya. Moeldoko juga menanggapi santai saat disinggung soal desakan pencopotan Yudian sebagai Kepala BPIP dari berbagai kalangan. Usulan ini sebelumnya disampaikan Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang menilai pemikiran Yudian bisa mengancam eksistensi negara.

Baca juga  Amien Rais: Gabung Jokowi Sama dengan Gadaikan Akidah

“Ah, terlalu terburu-buru itu,” ucap Moeldoko.

Pada kesempatan terpisah, Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi enggan berkomentar banyak terkait pernyataan Ketua BPIP Yudian Wahyudi tersebut. Fachrul mengatakan Yudian yang baru saja dilantik pekan lalu ini telah mengklarifikasi pernyataannya. “Beliau (Yudian) sudah klarifikasi, jadi kita pegang saja klarifikasinya,” kata Fachrul saat ditemui di Masjid Al-Akbar, Surabaya, Kamis (13/02/2020).

Menurut Fachrul, Kepala BPIP tidak bermaksud menyampaikan pertentangan antara agama dan Pancasila. Justru, kata Fachrul, Yudian menyampaikan bahwa Pancasila didukung oleh para ulama dan tak bertentangan dengan agama.

“Dia bukan bilang seperti itu, maksudnya,” tegas Menag.

(Visited 13 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.