Thu. Oct 29th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Kamu Harus Tahu! 5 Fakta Unik Tentang Piala Oscar, Nomor 4 Bisa Bikin Rumah Tangga Retak!

3 min read
Sharing is Caring

Setiap tahun, Hollywood dan industri film lainnya di dunia gak pernah berhenti mengeluarkan karya terbaik mereka. Dari sekian banyak film yang dibuat, dari berbagai kategori yang ada, ada satu ajang yang mereka perebutkan penghargaannya. Apalagi kalau bukan Academy Award alias Oscar ini.

Ajang bergengsi ini emang jadi impian buat semua insan film di dunia, apalagi Hollywood. Selain jadi kebanggaan tersendiri, Oscar juga bisa jadi CV untuk orang-orang yang terlibat di industri perfilman dan meningkatkan “nilai jual” mereka. Gue merangkum beberapa fakta menarik tentang Oscar, yang mungkin lo harus tahu!

1. Asal-usul nama julukan Oscar

Banyak orang mungkin bertanya-tanya, kenapa ajang Academy Award punya sebutan Oscar? Ternyata Bro, nama tersebut pertama disebutkan oleh Margaret Herrick, seorang pustakawan di Amerika yang memiliki sebuah perpustakaan terbesar untuk dunia perfilman.

Baca juga  Ternyata Aplikasi 'Face App' Gagal Bikin Foto Para Selebriti Ini Terlihat Lebih Tua

Uniknya, Margaret Herrick berkata bahwa piala Oscar mirip dengan pamannya yang bernama Oscar. Sejak saat itu penghargaan Academy Award punya sebutan Oscar sebagai julukannya.

2. Cuma ada 12 orang yang dapat lebih dari satu nominasi untuk akting

Banyak sekali aktor dan aktris hebat yang masuk nominasi karena akting mereka dan sebagian di antaranya tentu memenangkan penghargaan tersebut. Namun, cuma ada 12 orang yang berhasil meraih 2 nominasi untuk akting di tahun yang sama.

Beberapa nama besar yang masuk kedalam list eksklusif tersebut adalah Scarlett Johansson (2020), Cate Blanchett (2008), Jamie Foxx (2005), dan Al Pacino (1993). Oh iya Bro, Scarlett Johansson sendiri masuk dua nominasi untuk aktingnya sebagai aktris utama di film Marriage Story, dan aktris pendukung di film Jojo Rabbit.

3. Film pemenang penghargaan terbanyak

Memenangkan satu penghargaan Oscars udah merupakan pencapaian yang hebat, tapi bagaimana jika 11? Ada tiga film yang mendapat penghargaan tersebut dalam jumlah dua digit angka, yaitu “Ben-Hur” (1959), “Titanic” (1997) dan “The Lord of the Rings: The Return of the King” (2003). Satu film yang ada di belakang mereka dengan memenangkan 10 penghargaan adalah film musikal klasik, West Side Story (1961).

Baca juga  Kebanyakan Orang Gak Sadar! Bahwa 5 Aktor ini Pernah Muncul Dalam Video Game Loh

4. Ada couple yang bersaing di nominasi Oscar

Sebuah hal unik terjadi di ajang Oscar 2020 ini, Bro. Sepasang suami istri bersaing dalam nominasi Best Picture untuk film yang mereka arahkan. Greta Gerwig yang menyutradarai Little Women dan Noah Baumbach yang menyutradarai Marriage Story sama-sama bersaing dalam kategori Best Picture untuk film mereka masing-masing.

Siapapun pemenangnya, ini jadi catatan unik yang masuk ke dalam sejarah perhelatan Academy Award. Untung saja dalam kategori Best Picture tahun 2020 ini dimenangkan oleh film Parasite, karena jika salah satu dari mereka menang, mungkin akan ada rasa kecemburuan hingga dapat menimbulkan retaknya bahtera rumah tangga.

Baca juga  Misteri Penampilan Morbius di Spider-Man Homecoming, Beginikah Penampakannya?

5. Cuma ada 2 sekuel yang berhasil menang Best Pictures

Banyak yang menganggap sekuel gak bakal bisa sebaik film pertamanya. Mungkin anggapan itu benar, tapi tidak untuk semua franchise. The Lords Of The Ring: The Return Of The King dan The Godfather 2 berhasil memenangkan penghargaan tertinggi Best Picture sebagai sekuel. Bahkan hebatnya, franchise The Godfather punya 2 Oscar dengan film pertamanya juga memenangkan penghargaan pada kategori tersebut.

Oscar tahun ini dipenuhi banyak kejutan, Bro. Mulai dari Parasite yang mencatatkan rekor sebagai film berbahasa asing dengan nominasi terbanyak, hingga Brad Pitt yang memenangkan Oscar pertamanya untuk kategori akting.

(Visited 16 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.