Fri. Sep 25th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Demi Lindungi 267 Juta Rakyat Indonesia, Pemerintah Tak Akan Pulangkan 689 WNI Eks ISIS

1 min read
Demi Lindungi 267 Juta Rakyat Indonesia, Pemerintah Tak Akan Pulangkan 689 WNI Eks ISIS
Sharing is Caring

Nasib 689 WNI eks kombatan ISIS telah resmi diputuskan. Pemerintah dengan tegas tak akan memulangkan mereka ke Indonesia. Hal itu demi mencegah penularan paham radikalisme di tanah air.

Sebagaimana diwartakan Pikiran Rakyat, pemerintah memastikan tak akan memulangkan 689 eks petempur dan simpatisan ISIS yang kini hidup terkatung-katung di kamp pengungsian di Timur Tengah. Hal itu diputuskan dalam rapat kabinet paripurna yang dipimpin Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor pada Selasa (11/2/2020).

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD mengatakan, berdasarkan data pemerintah yang berkolaborasi dengan CIA terdapat 228 eks kombatan ISIS yang sudah tervalidasi. Sedangkan 401 orang lainnya teridentifikasi tidak memiliki kelengkapan administrasi.

Baca juga  Lilik Yuliantoro Menggantikan Nazar Amien Rais Jalan Kaki, Simak Pengakuannya

Keputusan rapat tadi, pemerintah dan negara harus beri rasa aman dari ancaman terorisme dan virus-virus baru teroris terhadap 267 juta rakyat Indonesia. Kalau dipulangkan itu bisa menjadi masalah di sini. Menjadi virus baru di sini,” ujar Mahfud.

Meski demikian, pemerintah terus menghimpun data dan memantau aktivitas mereka setelah lepas dari ISIS. Proses identifikasi itu akan dilakukan secara terperinci dengan melibatkan CIA.

Sementara khusus untuk anak-anak eks kombatan ISIS, Mahfud menuturkan akan mempertimbangkan pemulangan secara kasus per kasus. Misalnya dengan memperhatikan apakah anak tersebut memiliki orangtua atau tidak.

(Visited 5 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.