Sat. Sep 19th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

10 Cerita Origin Alternate Spider-Man Paling Menarik dan Unik Tapi Jarang Orang Tahu!

5 min read
Sharing is Caring

Spider-Man akan selalu menjadi salah satu karakter Marvel yang paling populer. Dengan cerita originalnya yang menarik, dia dengan cepat menjadi karakter yang paling dicintai dan paling digemari oleh para fans yang juga berhasil menginspirasi jutaan para fans di seluruh dunia. Karena cerita originalnya yang populer, banyak para penulis Marvel lainnya yang mencoba untuk memberikan pendekatan yang berbeda.

Dengan menghadirkan cerita origin yang berbeda, memberikan gambaran bahwa perubahan sedikit apapun akan mempengaruhi cerita keseluruhan dari Spider-Man. Dengan adanya cerita origin yang beragam, berikut adalah beberapa cerita origin alternatif Spider-Man yang menarik.

10. Season 1

Komik Season 1 sengaja dibuat oleh Marvel untuk menghadirkan cerita origin dari berbagai karakter lama Marvel dalam versi yang lebih modern. Hal tersebut dilakukan demi menggaet para pembaca baru dari Spider-Man dan beberapa karakter lainnya. Sayangnya, sebagian besar dari cerita di komik ini tidak menawarkan sesuatu yang baru, termasuk juga cerita tentang Spider-Man.

Meskipun cerita origin Spider-Man versi modern merupakan sesuatu yang bagus dan menarik, namun pada kenyataanya komik ini tidak memberikan banyak perubahan apapun terhadap kehidupan dari Peter Parker. Bukan berarti komiknya buruk, hanya saja ada cerita origin versi lainnya yang lebih baik dari ini.

9. House of M

House of M merupakan salah satu event populer di Marvel Comics, dimana Scarlet Witch membuat sebuah realitanya sendiri. Dalam versi ini sebenarnya cerita origin Spider-Man sama seperti kita kenal, hanya saja dalam dunia tersebut mutan merupakan ras yang superior. Sedangkan manusia berada di bawah mutan. Oleh karena itulah, Peter menghabiskan banyak waktunya mengatakan kepada orang-orang bahwa kekuatan laba-laba miliknya merupakan kekuatan mutan, dan bukan berasal dari laba-laba yang terkena radiasi.

Berkat gaya hidupnya, Paman Ben masih tetap hidup dan Peter pun menikahi Gwen Stacy dan bukan Mary Jane. Keduanya bahkan dikaruniai seorang anak, dan Peter sendiri menjadi selebritas publik. Namun, meskipun begitu Peter tetap dihantui oleh rasa bersalahnya yang sudah membohongi semua orang. Peter juga menyadari bahwa di dunia tersebut ada sesuatu hal yang tidak beres. Dengan dihantui oleh rasa bersalah tersebut, membuat Peter berubah total. Dia kemudian berubah menjadi Green Goblin.

Baca juga  5 Aktor Terkenal yang Cuma Jadi Peran Pembantu di Film Marvel, No. 2 Ada Aktor Dari DC

8. Spider-Man: Into the Spider-Verse

Salahsatu hal tentang film Into the Spider-Verse adalah bagaimana masing-masing karakter yakin atas dirinya sendiri. Untuk sebuah cerita yang orisinal, filmnya menggabungkan secara menarik berbagai kisah origin dari beberapa Spider-People, termasuk tiga versi dari Peter Parker. Masing-masing cerita Peter Parker memiliki perbedaanya sendiri dengan versi buku komik.

Namun, meskipun menghadirkan perbedaan dengan origin story dengan versi komik filmnya tetap memperhitungkan semuanya dengan matang dan masih memiliki keterkaitan dengan karakternya serta mampu mengangkat narasi filmnya dengan baik. Meskipun Peter Parker bukanlah protagonis utama, melainkan Miles Morales, namun origin versi Into the Spider-Verse dianggap sebagai salah satu alternatif origin yang terbaik.

7. Spider-Gwen

Meskipun Gwen Stacy sudah jelas berbeda dengan peter Parker, dia tetap salah satu karakter pahlawan utama di universenya, dan tetap dianggap sebagai salah satu versi alternate dari origin Spider-Man. Di Earth-65, diceritakan bahwa orang yang digigit laba-laba teradiasi bukanlah Peter parker, melainkan Gwen Stacy. Sejak saat itulah dia kemudian berubah menjadi Spider-Woman.

Hal tersebut justru berakibat buruk bagi Peter dimana dia berubah menjadi the Lizard. Dalam universe ini, bukan kematian paman Ben yang mengajari tentang dibalik kekuatan besar terdapat tanggung jawab yang besar pula melainkan saat kematian Peter Parker. Sejak saat itulah karakter Spider-Woman alias Spider-Gwen menjadi populer di kalangan para fans dan sukses dengan judul solonya.

6. Spider-Man 1602

Marvel 1602 memberikan para pembacanya sesuatu yang menarik, yaitu bagaimana jika para karakter Marvel hidup atau tinggal di era penyair terkenal Shakespear. Di universe nama karakter utamanya bukanlah Peter Parker melainkan Peter Parquagh. Namun, selain menjadi Spider-Man ternyata Peter memiliki peran lainnya bahkan jauh sebelum menjadi “The Spider”.

Setelah orang tuanya meninggal, dia dibesarkan oleh bibi dan pamannya, sampai Nick Fury kemudian membawanya dan mengikutsertakannya dalam sebuah misi. Saat ini inilah Peter kemudian mendapatkan kekuatan laba-laba miliknya dan kemudian memulai petualangannya sendiri. Dalam seri komik Marvel 1602: Spider-Man, ditampilkan juga berbagai villain seperti Kingpin, Green Goblin, Doc Ock, semuanya dalam versi era tahun 1602 yang membuatnya menarik untuk dibaca.

Baca juga  Kostum Black Widow di Trailer Filmnya Ternyata Terinspirasi dari ini

5. Spider-Man 2099

Di tahun 2099, Miguel O’Hara merupakan orang yang menggunakan titel Spider-Man. Diceritakan bahwa Migel dan para petinggi Alchemax sempat terlibat perseteruan, namun kemudian dalam sebuah uji coba Migel terkena obat-obatan yang sangat addictive yang kemudian menyatu dengan tubuhnya. Ternyata uji coba tersebut membuatnya menjadi Spider-Man dari masa depan.

Dengan perbedaan yang mencolok dari cerita origin Spider-Man yang kita ketahui, cerita Miguel sebenarnya lebih gelap dibandingkan milik Peter. Untungnya, Miguel menggunakan kekuatan yang dia dapatkan untuk memberantas kejahatan, dan hal tersebut berkat apa yang sudah dilakukan oleh Peter Parker bertahun-tahun sebelumnya.

4. Noir

Sama seperti Marvel 1602, Marvel Noir juga mengajak para pembacanya untuk berandai-andai jika para karakter tersebut berada di era Noir atau era Victoria. Sesuai dengan namanya, semua karakter yang muncul merupakan versi gelap dari mereka semua. Dalam universe ini, Peter Parker tetap menjadi Spider-Man, meskipun dia tidak mendapatkan kekuatan tersebut melalui gigitan laba-laba yang terkena radiasi. Dia mendapatkan kekuatan super setelah tergigit laba-laba yang didatangkan secara ilegal.

Sama seperti kebanyakan versi Spider-Man lainnya, Spider-Man Noir belajar tentang tanggung jawab dari kekuatan yang dia miliki setelah paman Ben meninggal. Yang membuatnya menarik adalah Spider-Man Noir mampu menembakan jaring laba-laba secara organik alias tanpa bantuan web-shooter seperti para Spider-People lainnya. Dia juga membawa senjata api.

3. Spidey

Cerita Spidey berasal dari series terbaru yang mengisahkan Peter Parker di awal kemunculannya sebagai Spider-Man. Meskipun komiknya bukan canon atau tidak masuk di timeline utama, sebagian besar perubahan yang terjadi di ceritanya berasal dari pengalaman Peter sendiri, dan berbeda seperti cerita origin Peter Parker yang kita kenal selama ini.

Baca juga  One Piece Chapter 957, Sengoku Ungkap Insiden Besar 38 Tahun Lalu

Salah satu poin penting dari ceritanya adalah bagaimana Spider-Man berhadapan dengan para villain untuk pertama kalinya di era modern ini. Spidey menghadirkan kisah ketika dia pertama bertemu dengan Green Goblin, sampai pada hubungannya dengan Gwen Stacy. Cerita ini dirasa pas buat para pembaca baru Spider-Man yang berusia muda, karena mereka bisa relate dengan cerita ini.

2. Ultimate Spider-Man (Peter Parker)

Sama seperti Spidey, Ultimate Spider-Man berfokus pada versi muda dari Peter Parker. Namun, dalam cerita ini perubahan cerita origin Peter Parker terjadi di sepanjang cerita. Dalam versi ini, laba-laba yang terkena radiasi dan menggigit Peter merupakan properti dari Oscorp. Paman Ben juga tewas karena ada perampokan di rumahnya, bukan di jalanan seperti yang kita ketahui.

Mary Jane menjadi kekasih Peter dan bukan Gwen Stacy. Terlepas dari adanya perbedaan dari beberapa faktor penting dalam cerita, para fans senang dengan pendekatan baru dari cerita origin Peter Parker ini. Komik ini seolah memberikan pilihan kepada pembacanya, jika menyukai versi muda dari Peter maka bisa membaca Ultimate Spider-Man. Namun, jika senang dengan versi dewasa Peter maka bisa membaca Amazing Spider-Man.

1. Ultimate Spider-Man (Miles Morales)

Miles Morales menjadi salah satu versi alternatif Spider-Man yang paling difavoritkan. Setelah cerita tentang Ultimate Peter selesai, Miles Morales kemudian melanjutkan narasinya. Dia digigit oleh laba-laba yang berasal dari tempat yang sama yaitu Oscorp, ketika perusahaan tersebut mencoba untuk menciptakan ulang Spider-Man.

Setelah Peter tewas, Miles sadar jika dunia masih butuh Spider-Man dan akhirnya dia pun maju untuk mengisi kekosongan tersebut, dan memberikan perbedaan. Berbeda dengan Peter, paman dari Miles merupakan penjahat, the Prowler, dan kedua orang tuanya pada awalnya masih hidup. Meskipun Ultimate Peter dan Miles digigit oleh laba-laba yang sama, namun kisah hidup mereka yang berbeda. Dan inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa Miles Morales menjadi salah satu versi Spider-Man yang populer.

(Visited 42 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.