Tue. Aug 11th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Sebut Agama Musuh Pancasila, Ketua BPIP Tuai Kritikan Pedas

1 min read
Sebut Agama Musuh Pancasila, Ketua BPIP Tuai Kritikan Pedas
Sharing is Caring

Presiden Joko Widodo mengangkat Ketua Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof Yudian Wahyudi. Pengangkatan ini tentu diharapkan mampu membumikan Pancasila di kehidupan bangsa Indonesia.

Sayangnya, pidato Rektor UIN Sunan Kalijaga itu mendapat banyak kritikan karena menganggap agama sebagai musuh Pancasila.

“Si Minoritas ini ingin melawan Pancasila dan mengklaim dirinya sebagai mayoritas. Ini yang berbahaya. Jadi kalau kita jujur, musuh terbesar Pancasila itu ya agama, bukan kesukuan,” ujar Yudian

Apa yang disampaikan Yudian Wahyudi bisa jadi bertentangan dengan Pancasila yang azas pertamanya adalah ‘Ketuhanan Yang Maha Esa’.

Pernyataan ini pun dikritisi politisi PPP Achmad Baidlowi. Menurutnya, apa yang disampaikan Yudian tidak mencerminkannya sebagai seorang tokoh bangsa yang pancasilais maupun religius.

Baca juga  PDIP : Menteri Kok Tanpa Program

“Prof Yudian tidak bisa membedakan antara agama dengan paham keagamaan. Yang menjadi persoalan selama ini adalah paham keagamaan atau ekspresi seseorang dalam menafsirkan agama. Bukan agamanya sendiri,” ujar Achmad Baidlowi.

(Visited 4 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.