Thu. Feb 27th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Ini Mobil Pertama di Nusantara, Dijuluki Kereta Setan Karena Langka di Masanya

2 min read
Ini Mobil Pertama di Nusantara, Dijuluki Kereta Setan Karena Langka di Masanya
Sharing is Caring

Boleh jadi anda menerka, mungkinkah di nusantara dulu sudah ada kendaraan seperti motor dan mobil? Berdasarkan catatan sejarah, pada 1893 sudah ada motor produksi Hildebrand und Wolfmüller. Orang yang membawa masuk motor itu ke nusantara adalah John C Potter.

Dilansir laman CNN Indonesia, dalam buku Kreta Setan (de duivelswagen), Autopioniers van Insulinde, F.F Habnit, moesson reeks, 1977 dituliskan, setahun setelah motor itu ada mobil pertama di nusantara juga ikut mendarat. Mobil itu yakni Victoria Phaeton yang sejarahnya berkaitan erat dengan Keraton Surakarta (Solo sekarang).

Adalah Paku Buwono X yang pada 1894 membeli kendaraan bernama Benz Victoria Phaeton. Mobil yang mewah dan langka di jamannya itu diimpor langsung melalui Pelabuhan Semarang. Konon Paku Buwono membeli mobil itu seharga 10 ribu Gulden. Sebuah jumlah yang fantastis di eranya.

Baca juga  10 Potret Lucu Pengendara Bermotor Di Indonesia Ini Bikin Kamu Ngakak Sampai Ngompol

Victoria Phaeton sendiri merupakan kendaraan versi modern yang lahir setelah Carl Benz menciptakan cikal bakal mobil bernama Benz Patent-Motorwagen pada 1886. Bedanya, Victoria Phaeton memiliki empat roda karet yang sangat keras. Victoria Phaeton dilengkapi mesin yang berada di belakang dengan kapasitas 2.000 cc.

Tentu saja keberadaan mobil tersebut merupakan anomali di masanya. Pasalnya saat itu nusantara hanya mengenal kereta kuda atau pedati sebagai alat transportasi. Oleh karena itu melihat kereta yang bisa berjalan sendiri tanpa bantuan hewan ternak merupakan fenomena aneh. Alhasil banyak masyarakat kala itu yang menjuluki Victoria Phaeton sebagai kereta setan.

Tak cukup hanya membeli Victoria Phaeton, 13 tahun kemudian (1907) Paku Boewono X juga membeli mobil buatan Daimler bernama Britze Daimler. Mobil ini menggendong mesin empat silinder bertenaga 45 hp. Sontak, mobil-mobil Sultan Solo ini menimbulkan decak kagum dari para rakyatnya

Baca juga  10 Fakta Unik mengenai Mitologi Yunani
(Visited 4 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.