Fri. Sep 25th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

54 Eks Napi Terorisme Siap Bebas Tahun Ini, Pemerintah Segerakan Program Deradikalisasi

1 min read
54 Eks Napi Terorisme Siap Bebas Tahun Ini, Pemerintah Segerakan Program Deradikalisasi
Sharing is Caring

Hal tersebut terungkap dalam rakor awal Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Jawa Barat. Sebagaimana diwartakan Pikiran Rakyat, terdapat sekitar 54 eks napi terorisme (napiter) yang akan keluar dari penjara pada tahun ini.

Oleh karena itu pemerintah dan berbagai pemangku kepentingan terkait harus segera menyiapkan program deradikalisasi. Hal itu agar esk napiter tak kembali menjadi biang onar keresahan di masyarakat.

Ketua FKPT Yaya Sunarya mengemukakan, bebasnya puluhan napiter tersebut harus mendapat perhatian dari segenap pihak. Pasalnya organisasi yang ia pimpin terbatas kewenangannya karena terkendala nomenklatur dan tupoksi yang lebih bersifat ke arah pencegahan terorisme.

Menurut Yaya pemerintah harus terlibat dalam proses pendampingan dan rutin melakukan evaluasi. Pasalnya radikalisme merupakan paham yang membutuhkan proses yang panjang untuk diberantas. Perlu waktu bertahun-tahun hingga tahap rehabilitasi.

Baca juga  5 Bangunan Futuristik Masa Depan yang Gagal

Harapannya, paham radikalisme tidak menjangkit lagi. Mereka semua kembali ke jalan yang benar. Bagaimanapun, semua orang punya masa lalu dan masa depan yang harus sama-sama kita hormati,” ujar Yaya

Selain program deradikaliasi, masyarakat juga harus dilibatkan dalam pembinaan napiter. Hal itu agar tak ada stigma ke depannya dan eks napiter yang sudah bertobat dan berkelakuan baik dapat diterima di lingkungan masyarakat sekitar.

(Visited 6 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.