Fri. Nov 27th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Kesaksian WNI di Wuhan: Video Orang Bergelimpangan Itu Tidak Benar, Kami Baik-baik Saja!

2 min read
Kesaksian WNI di Wuhan: Video Orang Bergelimpangan Itu Tidak Benar, Kami Baik-baik Saja!
Sharing is Caring

Pemerintah Indonesia masih menunggu perkembangan perihal penyebaran virus corona yang terjadi di Wuhan Tiongkok. Pasalnya ada sebanyak 93 Warga Negara Indonesia (WNI) yang ikut terisolasi di sana. Hingga kini mereka masih tertahan dan belum dapat dievakuasi.

Presiden Joko Widodo di sela-sela kunjungannya ke Cimahi Jawa Barat menjelaskan kondisi terkini WNI yang masih terisolir di Wuhan.

Sebagaimana diwartakan Pikiran Rakyat, Presiden Joko Widodo dalam kunjungannya ke Kota Cimahi kemarin (29/1/2020) mengatakan bahwa pemerintah sebenarnya memiliki opsi untuk evakuasi, akan tetapi karena kota tersebut masih di-lock (isolasi) maka upaya tersebut belum dapat dilaksanakan.

Dari sumber yang sama, Husnia, seorang mahasiswa Indonesia asal Bekasi yang hingga kini tertahan di Wuhan menuturkan sejauh ini kondisi di Wuhan masih baik-baik saja. Husnia merupakan mahasiswa Prodi Sastra Mandarin dari Universitas Negeri Surabaya. Bersama rekannya yang lain, ia mendapat beasiswa dari Central China Normal University di Wuhan Tiongkok.

Baca juga  Akhirnya Indonesia Mengumumkan 2 Orang Positif Terjangkit Corona

Seharusnya pada tanggal 2 Februari mendatang Husnia dan teman-temannya sudah bisa pulang ke tanah air. Namun akibat penyebaran virus corona di Wuhan mereka terpaksa ikut terisolasi seturut kebijakan pemerintah setempat.

Melalui sambungan video call Husnia menjelaskan kondisinya terkini kepada orangtuanya.

Melalui sambungan video call ke orangtuanya di Cikarang Bekasi, Husnia menyatakan bila dirinya sejauh ini baik-baik saja. Menurut dia sejumlah berita dan video viral yang beredar tentang Wuhan tidak semuanya benar. Husnia menuturkan secara keseluruhan kondisi Wuhan dalam kondisi baik-baik saja.

Pemerintah di sini tidak melarang orang keluar, tapi hanya mengimbau jika tidak ada keperluan penting lebih baik di rumah saja. Secara umum tidak ada masalah. Saya juga sering bilang ke keluarga di rumah, saya enggak apa-apa, saya baik-baik saja,”

Baca juga  Lihat Baik-baik, 5 Sajian ini Ternyata Hewan yang Menyamar

Husnia juga menyatakan bahwa video yang memperlihatkan sejumlah orang bergeletakan di jalan adalah tidak benar. Warga masih diperbolehkan keluar rumah meski suasana kota lebih sepi dari biasanya. Menurutnya kepanikan memang sempat terjadi tapi tidak sampai berlebihan sebagaimana yang kerap disebarluaskan.

Menurut Husnia imbas dari corona di Wuhan yang paling terasa adalah langkanya kebutuhan pokok. Hal itu terjadi karena banyak toko yang memilih tutup. Alhasil harga sejumlah bahan pokok naik menjadi tiga kali lipat dari biasanya.

(Visited 7 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.