Tue. Sep 22nd, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Waspadai Corona, Sejumlah Daerah di Jabar Siaga Penuh Awasi Mobilitas Warga Asing

2 min read
Waspadai Corona, Sejumlah Daerah di Jabar Siaga Penuh Awasi Mobilitas Warga Asing
Sharing is Caring

Merebaknya virus corona membuat sejumlah daerah di Jawa Barat bersiaga penuh. Berbagai upaya dilakukan untuk mengantisipasi masuknya virus mematikan tersebut ke Indonesia, khususnya Jawa Barat.

Sebagaimana diwartakan Pikiran Rakyat, Pemeritah Kabupaten Karawang terus mewaspadai kemungkinan masuknya virus corona ke wilayahnya. Apalagi mobilitas WNA asal Tiongkok cukup banyak di wilayah tersebut.

Sebagai upaya pencegahan, pemerintah setempat telah menyiapkan ruangan dan perhatian khusus bagi pasien terduga corona di RSUD Karawang. Selain itu Kantor Imigrasi Karawang juga diminta mengawasi para WNA di Karawang. Pasalnya tak kurang dari 200 WNA asal Tiongkok berada di wilayah Karawang.

Di Karawang banyak pabrik yag mempekerjakan warga Tiongkok. Selain itu di Karawang juga ada proyek Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) yang sebagian pekerjanya warga Tiongkok,” ujar Sekda Karawang Acep Jamhuri seperti dikutip Pikiran Rakyat (28/1/2020).

Baca juga  7 Pengguna Kekuatan Bushousoku Haki dalam Anime One Piece

Sementara itu di Purwakarta, Disnakertrans setempat akan mendata para pekerja asing di wilayahnya. Terutama bagi kedatangan pekerja asing asal Provinsi Wuhan Tiongkok.

Kepala Dinas Kesehatan Purwakarta, Deni Darmawan menuturkan pihaknya akan meminta para pekerja asing untuk melaporkan kondisi kesehatannya terkini. Pemeriksaan tersebut akan diinisiasi oleh penyalur kerja untuk selanjutnya dokumen hasil medis akan diperiksa oleh pemerintah daerah.

Sedangkan Pemerintah Kota Bekasi mengimbau warganya agar menunda rencana perjalanan ke Tiongkok. Hal itu sebagai langkah antisipasi agar penyebaran virus corona tak masuk ke wilayah Bekasi.

Selain 3 daerah di atas, pemda lainnya juga melakukan langkah serupa. Pemkab Indramayu, Pemkab Sukabumi, dan Pemkab Cirebon dilaporkan telah menyiapkan tim medis dan ruangan isolasi bagi pasien terduga corona. Mereka juga menginstruksikan agar seluruh puskesmas dan RSUD bersiaga penuh dan selalu waspada jika menemukan pasien terindikasi terjangkit corona.

Baca juga  Masker Diserbu Warga Karena Panik Corona, Pengamat Minta Pemerintah Lebih Terbuka
(Visited 7 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.