Wed. Apr 1st, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

4 Sponsor Jersey Sepakbola Yang Sudah Tiada, Nomor 3 Sponsor Madrid

2 min read
4 Sponsor Jersey Sepakbola Yang Sudah Tiada, Nomor 3 Sponsor Madrid
Sharing is Caring

Untuk bisa menjadi sponsor utama klub sepakbola profesional dan menempelkan logonya di bagian depan jersey para pemain, perusahaan harus membayar mahal dana untuk menjalin kontrak dalam jangka waktu tertentu. Sponsor-sponsor besar seperti Emirates mungkin bisa terus bertahan sebagai partner resmi klub raksasa seperti Real Madrid. Namun ada juga perusahaan yang mengalami kesulitan finansial setelah menjadi sponsor utama sepakbola. Nah, berikut ini adalah ulasan singkatnya.

1. Llanera (Charlton)

Llanera adalah perusahaan real estate yang sempat menjadi sponsor utama Charlton Athletic dan menyelamatkan klub itu dari kebangkrutan. Namun pada 2007 Llanera justru mengalami kebangkrutan dan otomatis tidak bisa menjadi sponsor lagi. Sungguh ironi memang di mana penyelamat kebangkrutan klub justru malah bangkrut.

Baca juga  Ternyata Inilah Skandal Terbesar Sepanjang Sejarah Piala Dunia, Kotor dan Menjijikan

2. Parmalat (Parma)

Parmalat adalah sponsor klub legendaris Parma dan merupakan perusahaan makanan dan minuman di Italia. Karena masalah skandal perusahaan ini lalu merembet pada kondisi finansial Parma hingga mengalami kebangkrutan. Parmalat pada akhirnya hampir didera kebangkrutan selama periode 2003-2009.

3. BenQ (Real Madrid)

Real Madrid dan BenQ menjalin kerjasama dengan kontrak lima tahun. Namun baru satu tahun BenQ tidak bisa melanjutkannya karena masalah finansial. Manajemen Los Blancos langsung mencari penggantinya dengan cepat, yaitu rumah taruhan Bwin dengan nilai kontrak yang cukup tinggi.

4. XL (West Ham)

Ini jelas bukan produk provider telekomunikasi asal Indonesia melainkan perusahaan jasa liburan yang terkenal di Inggris dan sempat menjalin bekerjasama dengan West Ham. Namun pada 2008 XL mengalami kebangkrutan, ironisnya pemilik West Ham adalah salah satu investor perusahaan ini. Di sisa musim, West Ham menambal logo XL di jersey mereka dengan kain polos. Kurang kerjaan memang.

Baca juga  Guardiola Mengaku Senang di City, Namun Dibarengi dengan Isyarat Hengkang ?
(Visited 9 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.