Sun. Jul 5th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Pesan Imlek Tahun Ini: Rekatkan Kembali Silaturahmi dan Toleransi

2 min read
Pesan Imlek Tahun Ini: Rekatkan Kembali Silaturahmi dan Toleransi
Sharing is Caring

Ade (42 tahun) nampak sigap membantu sejumlah persiapan perayaan Imlek. Bersama warga lainnya ia tampak sibuk mengatur lalu lintas, menyiapkan lahan parkir, hingga menjaga keamanan vihara. Ade bukanlah warga keturuanan Tionghoa melainkan warga sekitar vihara yang setiap tahun selalu meluangkan waktu demi lancarnya perayaan Imlek.

Sebagaimana diwartakan Pikiran Rakyat, warga sekitar Vihara Dharma Ramsi, Cibadak, Kota Bandung tak mau ketinggalan untuk ambil bagian dalam meyukseskan acara tersebut. Ya, sejak tahun 1950-an saat vihara itu berdiri warga sekitar memang sangat kompak dan guyub dengan pengelola vihara.

Menurut Ade, selama ini hubungan vihara dengan warga sangat baik. Sebagai sesama tetangga sudah menjadi kewajiban untuk saling membantu dan bersilaturahmi.

Baca juga  5 Bencana Teknis Paling Mematikan Sepanjang Sejarah

Tak jauh dari Vihara Dharma Ramsi, ada Vihara Tanda Bhakti yang juga tengah sibuk mempercantik diri. Puluhan lilin sudah berdiri tegak di ruang utama lantai dua. Beberapa warga sekitar tampak membantu sementara warga lainnya tengah mengantre layanan kesehatan vihara yang terbuka untuk umum.

Vihara ini sangat terbuka. Kami sangat dekat dengan warga sekitar. Perayaan Imlek tahun ini juga secara khusus akan menekankan pentingnya toleransi. Silakan datang jika ingin mengetahui dan merasakan situasi perayaan malam Imlek nanti,” kata Henny, salah seorang pengurus Vihara Tanda Bhakti seperti dikutip Pikiran Rakyat (24/1/2020).

Tak ayal, Pemerintah Kota Bandung telah menetapkan kawasan Cibadak sebagai salah satu Kampung Toleransi. Di tempat tersebut, berbagai latar belakang sosial dan etnis tak menjadi penghalang untuk saling menghormati. Kehidupan warga yang harmonis terjalin dengan sangat baik. Cibadak juga menjadi inspirasi bagi kawasan-kawasan lainnya.

Baca juga  7 Hal yang Akan Terjadi jika Kamu Tidak Mandi Dalam Sehari
(Visited 8 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.