Sun. Jul 5th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

4 Stadion Luar Jawa Yang Seharusnya Layak Jadi Venue Piala Dunia U-20 2021

2 min read
4 Stadion Luar Jawa Yang Seharusnya Layak Jadi Venue Piala Dunia U-20 2021
Sharing is Caring

Stadion yang akan digunakan pada pagelaran Piala Dunia U-20 2021 telah diumumkan oleh PSSI dan telah disetujui oleh FIFA. Jumlahnya ada enam stadion. Yaitu Stadion Utama Gelora Bung Karno, Stadion Pakansari, Stadion Manahan, Stadion Mandala Krida, Stadion Gelora Bung Tomo, dan Stadion I Wayan Dipta. Lima di Pulau Jawa dan satu di Pulau Bali. Nampaknya pemilihan stadion ini melalui pertimbangan dan persetujuan dari FIFA sendiri. Soal tidak adanya stadion luar Jawa mungkin karena mempertimbangkan jarak yang harus ditempuh para peserta. Akan tetapi, sebenarnya ada beberapa stadion di luar Pulau Jawa yang juga layak. Nah, berikut ini adalah ulasan singkatnya.

Baca juga  Indonesia Berpeluang Menjadi Tempat Pembukaan Piala Dunia U-20 2021, Hebat!

1. Stadion Papua Bangkit

Stadion nan indah di ujung timur Indonesia ini mulai dibangun pada 2016 dan selesai pada 2019. Akan digunakan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020. Stadion berkapasitas 40.000 penonton ini akan sayang jika jarang digunakan untuk pertandingan internasional. Namun kemungkinan akan digunakan sebagai homebase Persipura Jayapura dan setidaknya tidak akan terbengkalai begitu saja.

2. Stadion Batakan

Stadion yang terletak di Balikpapan tersebut mirip Emirates Stadium milik Arsenal. Dunia harus tahu jika Indonesia punya stadion sebagus ini lewat event internasional. Saat ini Stadion Batakan digunakan oleh Persiba yang berlaga di Liga 2. Setidaknya Timnas sesekali harusnya bisa menggelar pertandingan persahabatan di stadion ini.

Baca juga  Kartun Lucu: Ketika Lionel Messi Tandai Korban Ke-34 Dengan Sangat Kecam!

3. Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring

Stadion yang sering disebut stadion GSJ ini menjadi langganan pertandingan internasional mulai dari Piala Asia 2007, SEA Games 2011, hingga Asian Games 2018 karena kelayakan dan standarnya yang sudah internasional. Saat ini masih menjadi markas Sriwijaya FC yang menghuni Liga 2.

4. Stadion Utama Riau

Stadion Utama Riau sebenarnya megah dan mewah bila dirawat dengan baik dan sering digunakan untuk menggelar pertandingan internasional. Sayangnya, karena tidak ada klub asal Riau yang berlaga di kasta teratas dan karena jarang digunakan untuk pertandingan resmi, stadion ini menjadi tidak terawat. Cukup disayangkan memang.

(Visited 20 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.